Ada Dikantung Jokowi, Soal Kriteria Calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara
-->

Advertisement Adsense

Ada Dikantung Jokowi, Soal Kriteria Calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara

60 MENIT
Kamis, 20 Januari 2022

60menit.co.id | Ir. H. Joko Widodo, Presiden RI.

60MENIT.co.id, Jakarta | Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi membocorkan kriteria calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


“Kalau saya penginnya sih orang yang punya latar belakang arsitek dan pernah memimpin daerah. Tapi itu kan keinginan saya,” kata Presiden Joko Widodo, Jakarta Kamis (20/01/2022).


Saat ini beredar empat nama kandidat kepala otorita Ibu Kota baru.


Keempat orang ini juga pernah disebut namanya oleh Jokowi pada 2020. Mereka adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok; mantan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas; mantan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro; dan mantan Direktur Utama PT Wijaya Karya, Tumiyana.


Dari empat nama tersebut justru tidak ada yang berlatar belakang arsitek seperti keinginan Jokowi.


Namun dua kandidat di antaranya, yaitu Ahok dan Azwar Anas, memenuhi kriteri pernah memimpin daerah.


Ahok memiliki kedekatan dengan Jokowi karena pernah mendampinginya di DKI pada 2012-2014. Pria kelahiran Manggar, Belitung Timur itu merupakan lulusan Teknik Geologi Universitas Trisakti dengan gelar insinyur. Ahok kemudian melanjutkan pendidikan magister di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetia Mulya, dan lulus pada 1994. Saat ini, Ahok menjabat Komisaris Utama PT Pertamina.


Adapun Azwar Anas besar di lingkungan pesantren. Ia menempuh pendidikan di Fakultas Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Pendidikan S-2 ditempuhnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI dan lulus pada 2005. Azwar merupakan Bupati Banyuwangi periode 2010-2021. Saat ini Azwar Anas menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.


Sementara Bambang Brodjonegoro berprofesi sebagai pengajar di Universitas Indonesia sebelum menjadi pejabat pemerintahan. Ia merupakan lulusan Fakultas Ekonomi UI, dan menempuh pendidikan magister dan doktoral di luar negeri. S-2 di bidang Tata Transportasi dan Ekonomi Pembangunan, dan S-3 Ilmu Regional dan Ekonomi Pembangunan


Kandidat terakhir Kepala Otorita IKN Nusantara adalah Tumiyana yang jauh dari kriteria Jokowi. Mantan Direktur Utama PT Wika ini sebelumnya dikenal sebagai pengusaha peternakan sapi. Ia merupakan lulusan Teknik Sipil Universitas Borobudur, dan magister Administrasi Bisnis di JIMS. Karier profesionalnya dimulai di PT Pembangunan Perumahan sebagai manajer termuda di perusahaan BUMN tersebut.


(zho-anakrantau)