Penertiban Bangunan Liar, Saat Ini Dansektor 22 Verifikasi Sertifikat Warga Sempadan Citepus
-->

Advertisement Adsense

Penertiban Bangunan Liar, Saat Ini Dansektor 22 Verifikasi Sertifikat Warga Sempadan Citepus

60 MENIT
Rabu, 19 Januari 2022

60menit.co.id | Tampak Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P. (Dansektor 22 Citarum Harum) bersama aparatur kedinasan. (Sholeh)


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22, yang dikomando Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., bersama unsur kedinasan melaksanakan verifikasi dan pengukuran fisik bangunan di bantaran Sungai Citeupus.


Kegiatan tersebut, mengacu pada data sertifikat tanah kepemilikan warga yang ada di bantaran Sungai Citeupus diwilayah Rw. 9 Kelurahan Kebonlega, Kecamatan Bojobgloa Kidul Kota Bandung.


Dihadirkan dalam giat ini selain Dansektor 22 Satgas Citarum Harum turut hadir pula BPN Kota Bandung, BBWS Citarum, DSDABM Kota Bandung, Distaru Kota Bandung, Satpol PP Kota Bandung, Camat Bojongloa Kidul, Perwakilan Kelurahan Kebonlega serta unsur kewilayahan lainnya, Rabu (19/01/2022).


Kol Inf Eppy Gustiawan Menyampaikan, pelaksanaan ini merupakan lanjutan untuk menata kembali fungsi Sungai Citepus, yang berada kisaran Bendungan Cigempol, yang sebelumnya sudah melakukan sosialisasi.


"Beberapa peran sudah kita laksanakan, warga sudah bisa menertibkan secara mandiri, karena warga sadar dan untuk hari ini ada beberapa lokasi. Maka saat ini bersama BPN melakukan pengukuran". Papar Eppy.


Terlihat dilapangan, Eppy menegaskan, semuanya berjalan kondusif, mulai dari aparat dan masyarakat, kedepannya tetap sesuai dengan program. "Yaitu di wilayah lainpun akan dilakukan hal yang sama," katanya.


Di wilayah ini ada 4 atau 5 bangunan yang di verifikasi ulang selain rumah warga dan sarana perkantoran.


Menelaah kondisi lapangan.


Camat Bojongloa Kidul, Drs. Yudy Hermawan menambahkan, Program Citarum Harum merupakan program nasional yang benar-benar harus kita dukung dan kita dorong.


"Kami bersama-sama dengan satgas dan dinas terkait, tentunya mensosialisasikan dahulu kepada warga, agar ikut berpartisipasi, sehingga saat ini ada yang membongkar dilakukan oleh pribadinya," kata Yudi 


Untuk saat ini, Lanjut Yudy, pembongkaran bangunan liar di Bantaram Sungai Citeupus, berjalan aman, lancar dan kondusif, mudah-mudahan ini sebagai contoh bagi warga lain supaya tidak membangun sembrangan.


PPNS BBWS Citarum Ditjen SDA , Joko Dwi Priono, ST., M.Si mewakili BBWS Citarum mengucapkan terima kasih terhadap peran sektor 22 satgas citarum harum terkait penertiban bangunan yang ada di sepadan sungai. 


"Kita juga didukung oleh seluruh SKPD Kota Bandung terutama Satpol PP yang memiliki peran dalam penertiban, kedepannya lahan ini akan digunakan sebagai ruang pemeliharaan sungai, yang selama ini terganggu oleh bangunan liar," jelas Joko.


(Sholeh)