Sertu Agus Tardiman, Dansub 04 Sektor 22 Memimpin Perawatan di Sungai Cijantra
-->

Advertisement Adsense

Sertu Agus Tardiman, Dansub 04 Sektor 22 Memimpin Perawatan di Sungai Cijantra

60 MENIT
Jumat, 21 Januari 2022

60menit.co.id | Sungai Cijantra sedang dibersihka Satgas Sub 04 Sektor 22. (zho)


60MENIT.co.id, Bandung | Masif dalam perawatan sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 melakukan pembersihan di Sungai Cijantra wilayah Rw. 02 Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Regol Kota Bandung.


Menurut Sertu Agus Tardiman (Dansub 04 Sektor 22) pembersihan ini Satgas Sub 04 berhasil mengangkat sampah sebanyak 210 kg. Dari 100 M sungai yang dibersihkan.


"Kami membersihkan Sungai Cijantra ini hingga sepanjang 100 M, dan sampah yang terangkat sebanyak 210 Kg, hanya saja kebanyakan sampah rumput liar yang kami bersihkan," kata Agus.


Perawatan sungai dari kebersihan dan keutuhan daerah aliran sungai yaitu kirmir dan tanggulannya, setiap hari terpantau oleh satgas Citarum Harum Sektor 22.


Secara rutin setiap hari mereka melakukan patroli sungai di wilayah kerja masing-masing, kata Sertu Agus Tardiman dalam patroli sungai ini selain memantau perkembangan kondisi sungai juga melakukan Operasi Tangkap Tangan kepada mereka yang membuang limbah apapun ke sungai.


"Patroli Sungai ini mirip dengan ronda malam kalo bagi masyarakat mah, yaitu berkeliling memeriksa apa yang terjadi kepada sungai. Baik kerusakan sungai, kotornya sungai maupun prilaku masyarakat terhadap sungai," imbuh Agus.


Sungai Cijantra dala pembersihan Satgas.


Pada dasarnya masyarakat bantaran sungai sudah mengerti dan faham adanya Satgas Citarum Harum yang selama ini mengurus dan merawat kebersihan sungai. Dan ini perlu adanya pelestarian berupa kepedulian masyarakat maupun regenerasi yang bisa melanjutkan kinerja Satgas Citarum Harum.


Namun hal diatas terkadang terlupakan oleh masyarakat. Sehingga palaku pembuang sampah ke sungai masih ada walau dengan jumlah sedikit.


"Untuk.itu kita setiap hari melakukan komunikasi sosial dengan mereka. Yaitu memberi arahan berup edukasi kepada mereka dengan tema tujuan Citarum Harum yang mendorong warga supaya peduli kebersihan sungai dan lingkungan," tutup Agus.


(zho)