Luar Biasa, Astronot NASA di Luar Angkas Rekam Gambar Gunung Kembar Indonesia
-->

Advertisement Adsense

Luar Biasa, Astronot NASA di Luar Angkas Rekam Gambar Gunung Kembar Indonesia

60 MENIT
Minggu, 20 Februari 2022

60menit.co.id | Tampak Pegunungan Kembar di Indonesia Hasil Tangkap Kamera Astronomi NASA di luar Angkasa. (By BagiKertas)

Editor : zhovena

60MENIT.co.id | Seorang astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang sedang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) memotret puncak dua gunung kembar Indonesia. Dua gunung api strato yang berdiri bertetanggaan itu berada di Jawa, pulau terpadat di Indonesia.


Kedua gunung kembar yang dipotret itu adalah Gunung Sundoro dan Gunung Sumbing. Kedua gunung di provinsi Jawa Tengah ini memiliki puncak simetris berbentuk kerucut.


Gunung Sundoro dan Sumbing merupakan bagian dari rangkaian gunung berapi yang lebih besar dari timur ke barat di Pulau Jawa. Kedua puncak gunung ini memiliki ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut dan masih aktif. Meski masih aktif, kedua gunung ini belum pernah lagi meletus sejak tahun 1730 (Sumbing) dan 1971 (Sundoro).


Zona terang yang mengelilingi dasar kedua gunung berapi ini merupakan area pertanian intensif. Area ini kontras dengan area hutan gelap di lereng yang lebih tinggi. Puncak Gunung Sumbing dan Sundoro ini cukup tinggi sehingga puncak berbatunya mencapai di atas garis pepohonan.


Wilayah di sekitar puncak kedua gunung memiliki tanah vulkanik yang kaya mineral sehingga sangat subur. Tanah yang sangat subur ini menyediakan lahan pertanian yang produktif bagi para petani di wilayah Jawa Tengah.


Iklim tropis Indonesia juga memberikan curah hujan dan sinar matahari yang melimpah di wilayah sekitar kedua gunung ini sehingga semakin mendukung aktivitas pertanian masyarakat setempat. Tanaman utama daerah ini adalah padi yang ditanam di sawah beririgasi. Tanaman dataran rendah lainnya di sekitar kedua gunung ini adalah jagung, tebu, dan kopi.


Dikutip dari situs resmi NASA, foto mengenai dua gunung kembar di Jawa Tengah ini memiliki nama file ISS065-E-31847. Foto ini diperoleh dengan menggunakan kamera digital Nikon D5 yang menggunakan panjang fokus 200 milimeter.


Foto ini diambil oleh kru dari Earth Science and Remote Sensing Unit (ESRS) di ISS pada 10 Mei 2021, tapi baru dipublikasikan di situs resmi NASA pada 27 November 2021. Foto ini diambil oleh anggota kru Ekspedisi 65 ISS.


(by BagiKertas of National Geographic Indonesia/zhovena)