Konsistensi Satgas Sub 14 Sektor 22 Masifkan Sosialisasi, Walau Prilaku Warga Sudah Membaik
-->

Advertisement Adsense

Konsistensi Satgas Sub 14 Sektor 22 Masifkan Sosialisasi, Walau Prilaku Warga Sudah Membaik

60 MENIT
Kamis, 03 Maret 2022

60menit.co.id | Pemandangan Anak Sungai Cikapundung wilayah Batununggal sebelum dibersihkan oleh Satgas Sub 14/22, Kamis 3/03/2022 (by : zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Bentangan Sungai Cikapundung yang membelah Kota Bandung merupakan sungai yang bersejarah, oleh karenanya pemerintah daerah merasa berkewajiban untuk memeliharanya.


Keberadaan Satgas Citarum Harum Sektor 22 merupakan mitra dalam perawatan dan pengawasan kemajuan sungai untuk menciptakan kembali kondisi sungai yang kuat, bersih dan sehat. Sehingga sungai bisa bermanfaat bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat banyak.


Subsektor 14 di sektor 22 Citarum Harum, dipimpin oleh Pelda Ujang Supriatna saat ini membersihkan Anak Sungai Cikapundung wilayah kelurahan Batununggal Kecamatan Bandung Kidul, Kamis (3/03/2022).


Perawatan sungai menurut Pelda Ujang Supriatna di wilayahnya sudah terukur dengan rapih dan konsisten. Yaitu secara bertahap dari tempat satu ke tempat lainnya telah dilakukan pembersihan dengan rutin sesuai hasil penjadwalan melalui Patroli Sungai.


"Sebelum melakukan aksi pembersihan sungai, kita menjadwalkan melalui hasil patroli sungai yang dilakukan satu hari sebelumnya. Patroli sungai tersebut merupakan slahsatu tolak ukur pemajuan paradigma masyarakat, juga evaluasi kinerja maupun rencana aksi besok harinya," kata Pelda Ujang.


Seperti di Anak Sungai  Cikapundung wilayah Rw. 12 Kelurahan Batununggal pada pembersihan ini hingga terangkat sampah sebanyak 50 kg.


Pelaksanaan pembersihan anak sungai Cikapundung di Kelurahan Batununggal.


Menurut Pelda Ujang Supriatna hasil pembersihan ini sangat signifikan dari yang dibayangkan. Soalnya perkembangan prilaku masyarakat sudah terukur bagus dalam memerdulikan kebersihan.


"Iya banyak sekali sampahnya, ternyata itu sampah alam yang berasal dari jatuhan daun pepohonan juga ranting, mungkin guguran-guguran daun pohon ini terdampak dari hujan dan angin, kalo sampah rumahan sih Alhamdulillah sudah kurang," imbuh Ujang.


Walaupun kondisi prilaku masyarakat sudah terus berkembang, namun Pelda Ujang Supriatna tidak berhenti membagi anggotanya dalam penugasan patroli sungai yang dibarengi dengan komunikasi sosial kepada masyarakat.


"Saya berharap mereka memahami tentang bagusnya berprilaku bersih dan sehat, sehingga kondisi sungai bisa tercipta menjadi bersih dan sehat. Kan penerima manfaatnya juga mereka," tutup Ujang.


(zho)