Menyoal Pencemaran Tinja, Satgas Sektor 22 Aktif Pada Progres Percepatan ODF di Pemkot Bandung
-->

Advertisement Adsense

Menyoal Pencemaran Tinja, Satgas Sektor 22 Aktif Pada Progres Percepatan ODF di Pemkot Bandung

60 MENIT
Jumat, 18 Maret 2022

60menit.co.id | Serka Rudi Irawan, Dansub 10 Sektor 22 Citarum Harum memonitor pembuatan Seftick Tank di Kelurahan Cisaranten Endah Arcamanik, Jumat 18/03/2022 (zhovena).


60MENIT.co.id, Bandung | Program Percepatan Open Dification Free (ODF) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, sangat diapresiasi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. Hal ini menyoal kepada permasalahan limbah domestik yang selama ini tidak terpecahkan.


Satgas Sektor 22 terus bergerak pada penciptaan air sungai yang bersih dan sehat, sehingga turut membantu Pemkot Bandung menuju Kota layak sehat berupa percepatan ODF 100%.


Pergerakan ini ditunjang oleh Subsektor 10 yaitu di wilayah Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik. 


Menurut Serka Rudi Irawan selaku Dansub 10 bahwa ODF bukan hanya program Pemkot Bandung saja namun beririsan dengan implementasi Renaksi Sektor 22 yaitu penanganan limbah domestik.


Ia menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi secara door to door terus ditempuh oleh kami yaitu setiap Dansubsektor di Sektor 22, setiap harinya di lapangan agar warga yang masih membuang tinja ke sungai supaya membuat septic tank. 



"Septic tank memang selalu dilupakan oleh pemilik rumah, namun dengan kondisi yang ada septic tank merupakan salahsatu cara untuk menuntaskan permasalahan limbah domestik atau tinja," jelas Rudi Irawan.


Serka Rudi lebih lanjut menuturkan, diharapkan warga yang masih membuang tinja agar membuat septic tank baik secara komunal maupun mandiri, "Karena berpengaruh pada aspek kesehatan dan pencemaran kualitas air,yaitu Bactery Ecolli yang ada harus dihindari agar baku mutu air sesuai yang kita diharapkan," tegasnya.


Selain itu Serka Rudi memonitor warga yang membuat septic tank di wilayah Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik. Kegiatan warga dengan membuat septic tank menjadi salahsatu hasil sesuai seperti yang telah dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. Dikerjakan bersama unsur kewilayahan dan dinas terkait. 


"Harapan ke depan dari kami yaitu warga yang belum membuat septic tank harus sadar dan tidak ragu untuk ikut serta dalam penyelesaian permasalahan yang ada saat ini, yaitu bisa menciptakan kondisi air sungai yang bersih dan sehat," tegas Rudi.


(zho).