Kolaborasi Pengerukan Sungai Cinambo Bersama Satgas Sektor 22 Sub 09
-->

Advertisement Adsense

Kolaborasi Pengerukan Sungai Cinambo Bersama Satgas Sektor 22 Sub 09

60 MENIT
Sabtu, 09 April 2022

60menit.co.id | Pengerukan Sungai Cinambo di wilayah RW. 4 Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Sabtu 9/4/2022 (M. Warman).


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 9 melakukan monitoring pengerukan sedimentasi sungai Cinambo di wilayah RW. 4 Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Sabtu (9/4/2022).


Untuk diketahui, beberapa hari ini hujan melanda di Kota Bandung. Tentunya dengan adanya hujan akan berdampak pada debit air Sungai Citarum naik dengan batas yang wajar. 


Tidak ketinggalan sungai Cinambo yang merupakan anak Sungai Citarum yang ada di wilayah Sektor 22  juga mengalami hal yang sama yakni debit air meningkat.


Dikatakan Dansub 9 Peltu Ikhwan, pengerukan dilakukan karena sedimentasi di sekitar Sungai Cinambo menuju Sungai Citarum terhambat.


"Aliran air Sungai Cinambo tidak lancar karena terhambat sedimentasi ". Ucap dia.


Menurut Ikhwan, Kegiatan pengerukan sedimentasi bertujuan sebagai upaya normalisasi sungai. Sehingga dengan adanya pengerukan sungai aliran air lancar di saat hujan turun.


"Dalam pekerjaannya, menggunakan 2 (dua) unit alat berat, terdiri dari Excavator Pindad Long Arm Excapa 200 dan Excavator STD SK 200". Kata Ikhwan. 


Ditempat ini, lanjut Ihwan, masing-masing melakukan penataan area, penumpukan Disposal dan pengerukan sungai sepanjang 10 M, lebar 2 M kedalaman 2 M. Hasilnya sedimentasi diangkut sebanyak 24 Kubik.


"Pelaksanaan pengerukan Normalisasi Sungai Cinambo ini merupakan bukti kolaborasi antara Satgas Citarum Harum Sektor 22 dengan lintas sektoral". Tutup Ihwan.


(M. Warman)