Anak Sungai Citepus Tertutup Sedimentasi dan Gulma, Satgas Sektor 22 Sub 13 Langsung Beraksi
-->

Advertisement Adsense

Anak Sungai Citepus Tertutup Sedimentasi dan Gulma, Satgas Sektor 22 Sub 13 Langsung Beraksi

60 MENIT
Sabtu, 28 Mei 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 13 dalam perawatan Anak Sungai Citepus di wilayah RW.09 Kel. Mekarwangi Kec. Bojongloa kidul, Kota Bandung, Sabtu 28/05/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan Anak Sungai Citepus di wilayah RW.09 Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa kidul, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 13 melakukan pembenahan mengembalikan struktur sungai yang sebenarnya.


Dipimpin Dansub 13/22, Serka Masroh S, dalam pembenahan ini satgas menata kondisi anak sungai dalam pembersihan rumput liar dan meratakan sedimentasi sehingga sungai kembali ke kondisi aslinya.


Anak Sungai Citepus ini keadaan tidak menentu, sebagian tertutup oleh sedimentasi yang ditumbuhi rumput liar (gulma) sehingga kondisi sungai tidak terlihat.


"Tentunya seperti menggali tanah membuat sungai, soalnya sebagian saluran sudah tertutup padat oleh sedimentasi yang ditumbuhi rumput liar, saya yakin jika hujan disini mudah terjadi banjir," ucap Masroh, Sabtu (28/05/2022).


Sebagain besar kondisi sungai di pelosok wilayah Kota Bandung banyak yang tidak terperhatikan oleh aparat di bidangnya, ini terjadi karena kurangnya pengawasan dari dinas terkait, walaupun upaya mitigasi pencegahan banjir selalu dienduskan.


Kerusakan Anak Sungai Citepus


Komunikasi antar UPT di wilayah ke UPT Pemerintah Daerah harus terjalin masif, sehingga kelumit di lapangan bisa berjalan aktif untuk menyelamatkan kondisi sungai yang benar.


Namun hal diatas bisa terselesaikan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, yang memiliki tekad percepatan pencegahan pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai. 


Hal itu dilakukan rutin setiap hari, bergeser dari satu tempat ke tempat lainnya dalam perawatan sungai meski bertahap namun pasti.


"Kita selalu menggiring masyarakat di kewilayahan, baik melalui pasukan Gober antar kelurahan maupun warga setempat, Alhmdulillah sampai saat ini aksi kita di lapangan selalu lancar dan kondusif," ujar Masroh.


Untuk menguatkan keyakinan warga, Satgas Sektor 22 Sub 13 membagi tugas kepada anggotanya, pasca aksi perawatan sungai dengan rutin pula melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat berikut patroli sungai, sehingga kondusifitas di lapangan tetap terjaga dengan baik.


(zho)