Hindari Banjir Musim Hujan, Satgas Sektor 22 Sub 08 Membersihkan Sungai Cipaganti
-->

Advertisement Adsense

Hindari Banjir Musim Hujan, Satgas Sektor 22 Sub 08 Membersihkan Sungai Cipaganti

60 MENIT
Selasa, 10 Mei 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 membersihkan Sungai Cipaganti, Selasa 10/05/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Konsistensi Satgas Citarum Harum Sektor 22 pada perawatan sungai terkendali berjalan setiap hari. Adalah Sub 08 yang dipimpin Serka Lukman membersihkan Sungai Cipaganti wilayah Rw 03 Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap Kota Bandung.


Dikatakan Serka Lukman, perawatan di Sungai Cipaganti lebih ke perataan sedimentasi, ini dilakukan sebagai upaya melancarkan saluran arus air supaya tidak ada kendala di musim hujan.


"Tentunya saat ini adalah musim hujan, supaya tidak terjadi bencana oleh banjir maka kita meratakan sedimentasi sungai, sekalian membersihkan sampah dan rumput liar yang ada," ujar Lukman, Selasa (10/05/2022).


Sejatinya Satgas Citarum Harum, Sektor 22 memberi pendisiplinan kepada warga penduduk, yaitu memberi penerangan kepada mereka dalam pelarangan membuang sampah ke sungai, menurut Serka Lukman ini bertujuan supaya masyarakat terbiasa menjalankan hidup apik dan resik.


Diketahui oleh pemerintah daerah dan kewilayahan bahwa program di atas sangat dibutuhkan, soalnya hal tersebut merupakan syarat untuk mewujudkan Kota Bandung sebagai Kota Layak Sehat.


Patroli sungai oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08.


"Pemerintah Kota Bandung butuh pergerakan untuk sosialisasi kepada masyarakat, yaitu tentang pola hidup bersih di rumah sendiri yang mengefek kepada lingkungan. Sehingga masyarakat akan terbiasa memiliki paradigma yang benar.


"Komunikasi sosial kepada masyarakat kita menyampaikan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, ini sebenarnya merupakan program pemerintah dan kita sampaikan langsung kepada masyarakat setiap hari kita lakukan," imbuh Lukman.


Program yang dienduskan oleh kementrian kesehatan yang harus terlaksana di setiap pemerintah daerah dalam membangun kesehatan masyarakat. Namun tersendat oleh operasional di kewilayahan. Dengan tujuan yang sama sehingga Satgas Sektor 22 bisa menjalankannya.


"Dengan semangat Citarum Harum, kita menjalankan tugas ini semoga masyarakat dan kewilayahan bisa menguatkan kebersamaannya untuk mewujudkan Sungai yang Bersih dan Sehat, lekas tercapai," tutup Lukman.


(zho)