Islam Melarang Berlebihan Terhadap Kubur
-->

Advertisement Adsense

Islam Melarang Berlebihan Terhadap Kubur

60 MENIT
Rabu, 04 Mei 2022

60menit.co.id | Ilustrasi by aAulmizwar.


SYIAH BUKAN ISLAM

Diantara sikap berlebih-lebihan terhadap kubur, baik terhadap kubur orang sholih ataupun lainnya adalah memasang kijing di atas kubur atau memberikan atap atau rumah di atasnya. 


Hal diatas sudah diingatkan oleh para ulama sejak dahulu bahkan juga oleh ulama madzhab Syafi’i. Namun apa yang terjadi pada kubur para kyai, ustadz, sunan, wali atau tokoh ulama di negeri kita yang disikapi secara berlebih-lebihan dengan didirikan bangunan istimewa di atasnya. 


Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah mewanti-wanti terlarangnya hal tersebut sejak dulu kala.


Dari Jundab, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ingatlah bahwa orang sebelum kalian, mereka telah menjadikan kubur nabi dan orang sholeh mereka sebagai masjid. Ingatlah, janganlah jadikan kubur menjadi masjid. Sungguh aku benar-benar melarang dari yang demikian” (HR. Muslim no. 532).


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mereka adalah kaum yang jika hamba atau orang sholeh mati di tengah-tengah mereka, maka mereka membangun masjid di atas kuburnya. Lantas mereka membuat gambar-gambar (orang sholeh) tersebut. Mereka inilah sejelek-jelek makhluk di sisi Allah” (HR. Bukhari no. 434). 


Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, . “Allah melaknat orang Yahudi dan Nashrani di mana mereka menjadikan kubur para nabi mereka sebagai masjid” (HR. Bukhari no. 1330 dan Muslim no. 529).


Dari Jabir, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, melarang dari memberi semen pada kubur, duduk di atas kubur dan memberi bangunan di atas kubur.” (HR. Muslim no. 970).


Wa-Llahu Alam Bii Sawab, semoga bermanfaat

(zho)