Sampah Menahun Muncul di Sungai Cipaganti Wilayah Satgas Sektor 22 Sub 08
-->

Advertisement Adsense

Sampah Menahun Muncul di Sungai Cipaganti Wilayah Satgas Sektor 22 Sub 08

60 MENIT
Selasa, 24 Mei 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 perawatan di Sungai Cipaganti RW 07 Kel. Cimbeluit Kec. Cidadap, Selasa 24/05/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Serka Lukman selaku Dansub 08 di Sektor 22 Citarum Harum, memimpin perawatan di Sungai Cipaganti wilayah Rw. 07 Kelurahan Cimbeluit Kecamatan Cidadap Kota Bandung.


Terlihat hasil perawatan sungai Satgas Sub 08 berhasil mengangkat berbagai sampah domestik yang sudah lapuk terendam lumpur dan air sungai, hingga sempat menyumbat di sela bibir pancuran.


"Kemarin sore kita melakukan patroli sungai, pas di wilayah ini sampah yang menahun mulai mengembang ke atas bibir pancuran, ternyata hasilnya banyak seperti ini," ucap Lukman, Selasa (24/05/2022).


Seperti beberapa waktu ke belakang, aneka sampah domestik seperti ini bisa menyumbat gorong-gorong, sehingga di wilayah tersebut mudah banjir jika turun hujan.


60menit.co.id | menyaring sampah di pancuran.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu cepat tanggap dalam menangani masalah sungai, menurut Serka Lukman bahwa jenis sampah ini berupa serpihan kain, disinyalir sisa-sisa tukang jahit atau garmen rumahan.


"Kita setiap hari melakukan komunikasi sosial, ternyat masih kita temukan sampah domestik seperti rajutan, mungkin si pelaku tidak disengaja membuangnya, atau bisa juga disaat hujan dia sengaja membuangnya," ujar Lukman.


Namun Serka Lukman mengira bahwa sampah domestik ini sudah lama sekali terkubur lumpur sungai, karena saat ini sering hujan dan sungai meluap sehingga bisa mengangkat sampah ini.


Pada Patroli Sungai si hari kemarin, Satgas Sektor 22 Sub 08 melihat rata-rata kondisi sungai dalam keadaan wajar. "Artinya air sungai berstatus bersih dan bening, maka bisa kita prediksi terutama prilaku masyarakat terhadap sungai sudah banyak yang tidak membuang sampahnya lagi," imbuh Lukman.


Seketika itupun Serka Lukman membagi tugas kepada anggotanya, untuk melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, sambil menelusuri bengkel jahit dan garmen home industri di wilayah kisaran sungai.


(zho)