Gencar Tertibkan Bakumutu Ipal, BaOps Sektor 22 Geledah Rumah Makan Bancakan dan Hotel Pullman
-->

Advertisement Adsense

Gencar Tertibkan Bakumutu Ipal, BaOps Sektor 22 Geledah Rumah Makan Bancakan dan Hotel Pullman

60 MENIT
Selasa, 28 Juni 2022

60menit.co.id | Satgas Sektor 22 Citarum Harum di wilayah SubSektor 12, melakukan penertiban Bakumutu Ipal RM. Nasi Bancakan dan Hotel Pulman Bandung Grand Central di wilayah Kelurahan Citarum, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Selasa 28/06/22 (Mg.Oleh).


60MENIT.co.id, BandungBaOps Sektor 22 Satgas Citarum Harum Sidak ke RM. Nasi Bancakan dan Hotel Pulman Bandung Grand Central yang berada di wilayah Kelurahan Citarum, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Selasa (28/06/22).


BaOps Sektor 22 Satgas Citarum Harum Serma Misbakhudin di dampingi oleh Dansub 12 Peltu Ade Sukmana di terima langsung oleh para pelaku usaha tersebut.


Dari hasil pantauan di lapangan, kedua para pelaku usaha baik RM. Nasi Bancakan atau Hotel Pullman Bandung Grand Central sudah memiliki bak IPAL.


Namun untuk RM. Nasi Bancakan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terkait kebersihan di sekitar IPAL. Sementara untuk Hotel Pullman Bandung Grand Central sudah sangat baik dalam pengelolaan Instalasi Pengelolaan Air Limbahnya.


Serma Misbakhudin menyampaikan, kegiatan yang di lakukan merupakan salah satu progress dari rencana aksi satgas Citarum Harum Sektor 22 yang mengacu kepada Perpres No. 15 tahun 2018.


"Bahwa Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum terkhusus yang ada di Kota Bandung harus dapat di laksanakan semaksimal mungkin". Jelasnya.


Misbakhudin menyarankan, kepada pelaku usaha RM. Nasi Bancakan untuk bisa menjaga kebersihan, dan penambahan saringan agar air keluar akhirnya benar-benar jernih.


Ipal Hotel Pullman Bandung Grand Central


Sementara itu, Dadan selaku engineering Hotel Pullman Bandung Gran Central mengatakan, kedatangan Satgas Citarum Harum merupakan surprise dan lumayan kaget, karena akan menyidak IPAL.


"Namun setelah di jelaskan kami sepenuhnya faham dan mengerti akan tupoksi Satgas, kami pun sangat mendukung apa yang sudah menjadi program Satgas Citarum Harum terutama terkait pelestarian lingkungan". Ucapnya.


Di tempat berbeda Suswanto selaku penanggungjawab RM Nasi Bancakan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Satgas Citarum Harum untuk mengecek Instalasi Pengolahan Air Limbah.


"Kami juga sangat senang dengan adanya satgas citarum harum, pelaku usaha dapat berperan dalam menjaga lingkungan dan pelestarian lingkungan terutama di Daerah Aliran Sungai (DAS)". Jelas Suswanto.


Pihak nya meminta bimbingannya kepada Satgas Citarum Harum bila mana kedepan ada lalai dalam mengelola air limbahnya jangan sungkan untuk di peringatkan kembali. 


(Sholeh)