Konservasi Sungai Cinambo, Peltu Ihwan Dansub 07: Gunakan Dua Unit Alat Berat
-->

Advertisement Adsense

Konservasi Sungai Cinambo, Peltu Ihwan Dansub 07: Gunakan Dua Unit Alat Berat

60 MENIT
Selasa, 14 Juni 2022

60menit.co.id | Konservasi Sungai Cinambo di wilayah Rw. 4 Kelurahan Cisaranten kidul kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Selasa 14/6/2022.(Redaksi 60menit.co.id)


60MENIT.co.id, Kota Bandung | Percepatan Penanggulangan kerusakan daerah aliran sungai (DAS), Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 9 fokus pengawasan di sungai Cinambo di wilayah Rw. 4 Kelurahan Cisaranten kidul kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Selasa (14/6/2022).


Dansub 9 Peltu Ihwan Maryudin bersama anggota melakukan pengawasan konservasi sungai melalui pengerukan sebagai langkah normalisasi dan restorasi bantaran Sungai Cinambo.


Peltu Ihwan Maryudin mengatakan, kegiatan ini menggunakan alat berat untuk mengeruk sedimentasi sungai dan penumpukan disposal serta Dumtruk untuk mengangkut sedimentasi.


"Pengerukan sedimentasi guna sebagai normalisasi sungai, sedangkan penumpukan disposal merupakan upaya restorasi sempadan sungai supaya lebih tertata rapih". Katanya.


Normalisasi Sungai Cidurian ini, menurut Ikhwan, bertujuan untuk menghindari bahaya banjir, sebagai langkah pada Percepatan Penanggulangan Kerusakan Daerah Aliran Sungai sesuai dengan amanat Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018.


Langkah ini, Lanjut Ikhwan, hasil kolaborasi antara satgas Citarum harum bersama BBWS dan Unsur kewilayahan.


"Kami menurunkan alat berat ini milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, dan hari ini kita lkukan pengawasan secara rutin". ujar Ikhwan.


Dengan skema kerja hari ini adalah menata area, menumpuk disposal dan pengerukan sedimen berakhir dengan pengangkutan sedimen.


Dengan langkah tersebug, Peltu Ihwan berharap, di wilayah ini tidak terjadi banjir jika musim hujan, dan di musim kemarau pun airnya tidak bau. 


"Karena airnya digunakan untuk mengairi lahan pertanian warga, artinya keberadaan stok air sangat diperlukan oleh mereka". Tutup Ikhwan. 


(M. Warman)