Sampah dan Rumput Liar di Anak Sungai Citepus Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 13
-->

Advertisement Adsense

Sampah dan Rumput Liar di Anak Sungai Citepus Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 13

60 MENIT
Senin, 27 Juni 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub membersihkan anak Sungai Citepus di Cibaduyut, Senin 27/06/2022 (Mg.Ule)

60MENIT.co.id, Kota Bandung | Sektor 22 Citarum Harum Sub 13 kembali melakukan pembersihan anak Sungai Citeupus Diwilayah RW. 03 Kelurahan Cibaduyut, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung. Senin (27/6/2022).


Dansub 13 Serka Masroh mengatakan, aksi bersih bersih sungai dilakukan mulai dari pengangkatan sampah dan rumput liar yang menggangu aliran sungai.


"Aksi bersihkan sungai, bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan kelestarian sungai, Karena sungai merupakan nadinya bumi. Ibarat tubuh manusia, jika aliran nadinya terganggu, maka akan menimbulkan beragam gangguan kesehatan pada bagian tubuh yang lain". Katanya.


Serka Masroh menjelaskan, jika aliran sungai terganggu dengan sampah, limbah, alih fungsi aliran, serta hal-hal lain, kehidupan makhluk lain di sekitar sungai juga terganggu, tak terkecuali kehidupan manusia itu sendiri.


"Sungai itu tempat mengalirnya air mulai dari hulu hingga hilir. Maka warga punya kewajiban menjaga aliran air tetap bersih". Jelas dia.


Serka Masroh mengatakan, edukasi kepada masyarakat harus terus dilakukan dengan beragam pola dan skema. Namun yang lebih penting, seluruh elemen masyarakat harus saling bersinergi dan berkomunikasi dalam merawat sungai.


"Jika sinergi terjalin, kepedulian berbagai pihak mulai dari warga, komunitas, pemerintah, dunia usaha, dan media, akan meningkat. Semua dilakukan demi suksesnya program Citarum harum". Pungkasnya. 


(M.Warman)