BaOps Sektor 22 Periksa Ipal Resto Bebek Kaleyo Buahbatu
-->

Advertisement Adsense

BaOps Sektor 22 Periksa Ipal Resto Bebek Kaleyo Buahbatu

60 MENIT
Jumat, 01 Juli 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum BaOps Sektor 22 Periksa Ipal Resto Bebek Kaleyo Buahbatu, Jumat 1/07/2022 (Mg.Oleh)


60MENIT.co.id, Bandung, | BaOps Sektor 22 Satgas Citarum Harum Serma Misbakhudin di dampingi Dansub 04 Sertu Agus Tardiman beserta anggota melaksanakan sidak pelaku usaha Bebek Kaleyo Jl. Buahbatu No. 246 Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung. Jum'at (01/07/22).


Pelaku usaha Bebek Kaleyo berdiri sejak April 2022, dari pantauan di lokasi pelaku usaha ini pada dasarnya sudah memiliki bak penampungan Instalasi Pengelolaan Air Limbah.


Namun karena masih terbilang baru, pengelolaannya masih kurang begitu faham akan Instalasi Pengelolaan Air Limbahnya.


Saat di konfirmasi, Serma Misbakhudin menyampaikan, satgas Citarum Harum akan terus melakukan Sidak ataupun Pengawasan dan penindakan dengan melakukan penutupan dengan cara di cor kepada pelaku usaha yang memang tidak kooperatif.


"Sejauh ini rata-rata pelaku usaha mengikuti apa yang di sarankan, karena kebanyakan dari mereka di serahkan kepengurusannya kepada staf atau pegawai bahkan kepada orang yang di percayai, namun pada pelaksanaannya terkait IPAL jarang terperhatikan". Jelasnya.


Lanjut Misbakhudin, Satgas juga tidak serta merta langsung memberi sanksi kepada para pelaku usaha tersebut. Namun, secara bertahap sesuai SOP atau prosedur dari apa yang di laksanakan, kepada setiap para pelaku usaha.


"Kepada setiap pelaku usaha menghimbau terkhusus Bebek  Kaleyo untuk bisa lebih menjaga IPAL nya sesuai dengan baku mutu dan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah". Ucap Misbakhudin.


Ia pun menegaskan, dalam melakukan tugas, Satgas membawa bekal surat tugas yang mengacu pada Perpres No. 15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.


"Berharap, kepada para pelaku usaha agar bisa menjadi pelestari lingkungan dan bisa menjadi mitra dalam menuntaskan permasalahan Daerah Aliran Sungai Citarum". Harap Misbakhudin.


Untuk itu, Serma Misbakhudin menyarankan kepada pelaku usaha tersebut agar sesegera mungkin memperbaiki serta menyempurnakan keluaran air limbahnya agar tidak mencemari sungai.


Di lokasi yang sama Supervisor Bebek Kaleyo Derry Nugraha mengucapkan terimakasih kepada Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang sudah memberikan arahan dan akan secepatnya dilakukan perbaikan.


"Kami juga akan selalu menjaga kebersihan di lokasi IPAL agar dalam bekerja (usaha) bisa lebih nyaman lagi kedepannya". Tutupnya.


(Sholeh)