Karya Kridebelitas di Ketahanan Pangan, Satgas Sektor 22 Sub 15 Produksi Pupuk Gunakan Bios 44
-->

Advertisement Adsense

Karya Kridebelitas di Ketahanan Pangan, Satgas Sektor 22 Sub 15 Produksi Pupuk Gunakan Bios 44

60 MENIT
Kamis, 21 Juli 2022

60menit.co.id | Serka Bayu Ferdiansyah (BaOps Sektor 22 Citarum Harum) sedang memproduksi BIOS 44, di Subsektor 15/22, Cimekar Cileunyi Kabupaten Bandung, Kamis 21/07/2022 (Mg.Ule)


60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Satgas Sektor 22 Citarum Harum melakukan fermentasi BIOS 44 di lokasi Ketahanan Pangan Subsektor 15 di Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Kamis (21/07/22).


Fermentasi tersebut, dilakukan di sebuah drum 1.000 liter air kemudian dimasukkan Bio Activator dan fermentator serta formulator selanjutnya diaduk hingga merata. Kemudian dimasukkan gula merah 10 kg yang sudah dicairkan lalu diaduk. 


Setelah semuanya dimasukkan dan diaduk, kemudian ditutup rapat ditunggu selama 14 hari. Setelah 14 hari maka Bios 44 DC bisa digunakan.


BaOps Sektor 22 Satgas Citarum Harum Serka Bayu Fardiansyah mengatakan, untuk diaplikasikan tata cara penggunaan pupuk dan proses pembuatan yang disesuaikan dengan kebutuhan maupun sasaran, Karena takaran dan campuran yang digunakan berbeda.


"Menyesuaikan kebutuhan penggunaan, sesuai segmen memiliki takaran tertentu, sehingga jumlah pupuk yang masuk dapat seimbang dan tepat. Karena pada dasarnya BIOS 44 ini merupakan mikroorganisme yang memberikan manfaat atau keuntungan bagi induk inangnya". Katanya.


Penggunaan Bios 44, Bayu menyampaikan, ini akan sangat memberikan manfaat yang besar terhadap petani. 


Karena, Lanjut Bayu, BIOS 44 ini merupakan hasil riset jajaran TNI Angkatan Darat yang penggunaan awalnya adalah memperbaiki lahan gambut dalam rangka penanganan kebakaran hutan di Sumatera dan telah berhasil.


"Sehingga penggunaan BIOS 44 ini disebar luaskan agar memberikan kontribusi positif di seluruh wilayah NKRI". Tutup Serka Bayu.


(M. Warman)