Konservasi Sungai Cinambo oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09
-->

Advertisement Adsense

Konservasi Sungai Cinambo oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09

60 MENIT
Sabtu, 30 Juli 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 konservasi di Sungai Cinambo, Sabtu 30/07/2022 (Mg.Ule)

60MENIT.co.id, Bandung | Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum di Sektor 22 Sub 9 melakukan pengawasan pengerukan sedimentasi di sungai Cinambo di wilayah RW. 4 Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Sabtu (30/7/2022).


Pengerukan dilakukan untuk mengurangi debit air yang masuk ke pemukiman warga saat musim hujan berlangsung.


Dansub 9 Peltu Ihwan Maryudin mengatakan, kegiatan ini menggunakan alat berat untuk mengeruk sedimentasi sungai dan penumpukan disposal serta Dum Truk untuk mengangkut sedimentasi.


"Pengerukan sedimentasi guna sebagai normalisasi sungai, sedangkan penumpukan disposal merupakan upaya restorasi sempadan sungai supaya lebih tertata rapih". Katanya.


Normalisasi Sungai ini, menurut Ikhwan, bertujuan untuk menghindari bahaya banjir, sebagai langkah pada Percepatan Penanggulangan Kerusakan Daerah Aliran Sungai sesuai dengan amanat Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018.


Langkah ini, Lanjut Ikhwan, hasil kolaborasi antara satgas Citarum harum bersama BBWS dan Unsur kewilayahan.


"Kami menurunkan alat berat ini milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, dan hari ini kita lakukan pengawasan secara rutin”. ujar Ikhwan.


Dengan skema kerja hari ini adalah menata area, menumpuk disposal dan pengerukan sedimen berakhir dengan pengangkutan sedimen.


Dengan langkah tersebut, Peltu Ikhwan berharap, di wilayah ini tidak terjadi banjir jika musim hujan, dan di musim kemarau pun airnya tidak bau.


“Karena airnya digunakan untuk mengairi lahan pertanian warga, artinya keberadaan stok air sangat diperlukan oleh mereka”. Tutup Ikhwan. 


(M. Warman)