Sub 14 Satgas Citarum Harum Sektor 22, Dipimpin Serma Andriyan di Perawatan Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Sub 14 Satgas Citarum Harum Sektor 22, Dipimpin Serma Andriyan di Perawatan Sungai Cikapundung

60 MENIT
Selasa, 19 Juli 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 merawat Sungai Cikapundung Kolot di wilayah Rw. 10 Kel. Batununggal kec. Bandung Kidul, Selasa 19/07/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 merupakan tindakan masif yang dilakukan setiap hari untuk meraih nurani dan paradigma masyarakat bisa hijrah ke sikap peduli sungai. Yang selama ini sungai sudah rusak akibat lamanya pembiaran salahnya memperlakukan lingkungan.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 yang dipimpin oleh Dansub Serma Andriyan DJ, di wilayah Bandung Kidul, saat ini anggota dan kewilayahan membersihkan dinding Sungai Cikapundung Kolot di wilayah Rw 10 Kelurahan Batununggal yang dipenuhi gulma atau rumput liar.


"Gulma ini jika dibiarkan akan mengikis tembok sungai selain merusak pemandangan sungai, karena keindahan Sungai Cikapundung akan terlihat jika daerah aliran sungai itu bersih dan rapih," ujar Serma Andriyan DJ, ketika dihubungi awak media, Selasa 19 Juli 2022.


Lebih lanjut Serma Andriyan menambahkan bahwa kerusakan daerah aliran sungai baik tembok dan tanggul sungai, itu di awali oleh jahatnya akar gulma yang bisa menggerogoti tembok sehingga tembok akan rapuh, maka menurut Andriyan pemeliharaan sungai itu harus konsisten terjadwal.


Perspektif Sungai Cikapundung Kolot yang indah.


"Satgas Citarum Harum Sektor 22 akan terus melakukan hal terbaik untuk mewujudkan cita-cita Program Citarum Harum, namun aksi ini perlu konvergensi pentahelix harus berjalan berkelanjutan seperti saat ini kuatnya bahkan harus kuat lagi dari kondisi sekarang," ujar Andriyan. 


Untuk capaian diatas Satgas Citarum Harum Sektor 22 menjadwalkan anggota satgas setiap hari untuk melakukan patroli sungai dan komunikasi sosial selain aksi perawatan sungai. "Ini sangat berkaitan dengan progres pada program Citarum Harum, kedua aksi ini yaitu patroli dan komsos sebuah aksi yang bisa melekatkan keyakinan paradigma masyarakat terhadap kemajuan utuhnya sungai," masih jelas Andriyan.


Ada hal lain pula yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22 untuk mewujudkan program Citarum Harum, bahkan lebih viral dan sangat kental keberhasilannya, sehingga Satgas Sektor 22 ini diakui oleh pemerintah daerah maupun masyarakat.


(zho)