Pengerukan Sungai Cinambo Wilayah Cisaranten Kidul, Bersama Satgas Sektor 22 Sub 9
-->

Advertisement Adsense

Pengerukan Sungai Cinambo Wilayah Cisaranten Kidul, Bersama Satgas Sektor 22 Sub 9

60 MENIT
Minggu, 07 Agustus 2022

60menit.co.id | Tampak alat berat sedang melakukan perapihan pengerukan Sungai Cinambo wilayah Rw 4 kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage, Minggu 7/8/2022 (Mg.Ule).


60MENIT.co.id, Bandung | Penataan sungai sudah menuju ke Konservasi, hal ini dilakukan sangat serius oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 sub 9 untuk mencapai sungai yang bersih dan sehat dengan tata kelola sungai yang benar.


Kegiatan tersebut merupakan pemaknaan dari cita cita Perpres 15 Tahun 2018, yang bertema Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Sungai Citarum yang eksekusinya menyeluruh ke anak dan cucu cicit sungai yang bermuara ke Sungai Citarum.


Dansub 9 Peltu Ikhwan Maryudin menerapkan basis objektifitas kolaborasi dengan Pemerintah Daerah, kewilayahan, Komunitas, masyarakat dan jurnalistik. Hal ini sudah menuai keberhasilan baik secara fisiologi maupun pisiknya. 


"Saat ini melakukan pengerukan Sungai Cinambo wilayah Rw 4 kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage sebagai langkah normalisasi sungai". Kata Ikhwan kepada Wartawan. Minggu (7/8/2022).


Menurut Ikhwan, untuk mencapai sasaran yang tepat, kita menggunakan 2 (dua) unit alat berat, keduanya ini sangat kooperatif karena sesuai dengan peruntukannya.


"Yang satu bergerak pada penumpukan disposal berikut penataan area sungai dan satunya lagi mengeruk sedimentasi yang menahun". Tuturnya.


Pencapaian pengerukan sungai Cinambo pada hari ini, Satgas Sektor 22 Sub 09 berhasil mengeruk Sungai sepanjang 15 M, lebar 2M dengan kedalaman 1M dan pengangkutan sedimen 40 m².


Pengerukan ini sangat diperlukan, karena untuk menanggulangi banjir tahunan yang kerap terjadi di musim hujan, "Semoga normalisasi ini cepet terselesaikan supaya pemanfaatan bagi warga cepet dinikmatinya selain itu keindahan sungai Cinambo akan jelas terlihat". Tutupnya. 


(M.Warman)