Penggunaan Alat Berat Normalisasi Sungai Cinambo, Peltu Ihwan : Demi Tercapai Progres di Satgas Sektor 22 Wilayah Sub 09
-->

Advertisement Adsense

Penggunaan Alat Berat Normalisasi Sungai Cinambo, Peltu Ihwan : Demi Tercapai Progres di Satgas Sektor 22 Wilayah Sub 09

60 MENIT
Sabtu, 24 September 2022

Alat berat di wilayah Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 sedang mengeruk sedimentasi Sungai Cinambo wilayah Rw. 04 Kelurahan Cisaranten Kidul Gedebage, Sabtu 24/09/2022 (by ; zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Penggunaan alat berat dalam pengawasan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09, berfungsi untuk pengerjaan pengerukan dalam rangka normalisasi Sungai Cinambo. 


Normalisasi dilakukan di wilayah Rw. 4 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage, melakukan pengerukan sedimentasi dalam pendalaman dan pelebaran sungai.


Dansub 09 Satgas Sektor 22 Citarum Harum, Peltu Ihwan Maryudin kepada awak media mengatakan, pengerukan ini dilakukan setiap hari, waktu berlibur operator dengan sistem bergantian. 


"Semua ini demi kelancaran progres di Satgas Sektor 22, dengan harapan semua aksi ini bisa sejalan dengan jenjang waktu yang sesuai target," kata Ihwan kepada awak media di lokasi giat, Sabtu 24 September 2022. 


Hal lain yang menonjol di lokasi pengerukan Sungai Cinambo adalah penyempitan sungai di beberapa titik, hal ini bercampur pula pada pendangkalan sungai. 


Pengerukan sedimentasi dan perataan disposal.


Naluri alam bahwa sedimentasi selalu disertai dengan tumbuh lebatnya rumput liar. Merupakan hal yang tepat jika di semua kondisi sungai dilakukan normalisasi. 


"Memang lebih bagus jika di semua sungai di setiap wilayah dilakukan normalisasi, namun perlu diketahui kondisi fasilitas jalan yang tidak memenuhi, jika semua sudah ada penertiban Bangli tentu bisa dilakukan normalisasi. Ini salah satu penunjang suksesnya Program Citarum Harum," jelas Ihwan. 


Di lokasi ini pengerukan sungai menggunakan 2 (dua) unit alat berat, imbuh Ihwan jumlah alat berat ini disesuaikan dengan kebutuhan. 


"Giat yang dilakukan yaitu menata area, menumpuk disposal, pengerukan sungai sepanjang 10 m lebar 2 M kedalaman pengerukan 1 M dan pengangkutan sedimen seluas 80 M²," ujar Ihwan 


(zho)