Senator Ini Tagih Janji Presiden Jokowi Bangun RS Jiwa di Toraja
-->

Advertisement Adsense

Senator Ini Tagih Janji Presiden Jokowi Bangun RS Jiwa di Toraja

60 MENIT
Selasa, 20 September 2022

Senator Lily Amelia Salurapa, SE., MM., (doc redaksi)


60Menit.co.id, Jakarta | Ada aspirasi menarik dilontarkan Senator Sulsel, Lily Amelia Salurapa, SE, MM, saat Rapat Kerja (Raker) DPD RI dengan Kementerian Kesehatan RI, 12 September 2022 lalu. Aspirasi itu berupa janji Presiden Jokowi akan membangun RS Jiwa di Toraja. Hal ini disampaikan Lily Salurapa kepada awak media ini, di Nay's Cafe, Jl. Laut Arafuru No. 5, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. 


"Saya sangat concern dengan penyakit jiwa di masyarakat Toraja. Dan saya pernah dijanji oleh Presiden Jokowi pada tanggal 6 Maret 2019 dimana ada 100 pegiat sosial yang hadir di Istana dan memberikan masukan kepada Pak Presiden. Dan Puji Tuhan, Alhamdulillah, beliau meminta saya untuk berkoordinasi dengan stafnya untuk mencatat supaya yang saya sampaikan bisa diingat," tutur Lily.


Pihaknya, tambah Srikandi Toraja ini, sangat menginginkan RS Jiwa ada di Toraja. "Saya ingin sekali ada rumah sakit jiwa di Toraja. Ini saya sampaikan juga saat raker lalu dengan Kemenkes. Saya ngomong luar biasa yang kami alami di Toraja, yang ada hanya klinik swasta tentang pemulihan jiwa. Jadi pada saat itu Pak Jokowi meminta kepada stafnya untuk mencatat permintaan saya dan diingatkan," ujarnya. 


Karena itu, saat raker, Lily pun menyampaikan janji Jokowi itu di depan Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH. "Jika bisa ibu Dirjen hal ini kami bisa realisasikan, seperti apa yang kami harus tempuh untuk janji Bpk Presiden ini untuk rumah sakit jiwa untuk Toraja di Sulawesi Selatan," beber Lily Salurapa mengutip omongannya kepada Dirjen Kesmas. 


(anto)