Hindari Banjir, Satgas Sektor 22 Sub 5 Bersihkan Sungai Cikapundung Kolot
-->

Advertisement Adsense

Hindari Banjir, Satgas Sektor 22 Sub 5 Bersihkan Sungai Cikapundung Kolot

60 MENIT
Kamis, 27 Oktober 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 5 bersama Gober membersihkan pohon dan bekas bongkaran bangunan liar di sempadan Sungai Cikapundung Kolot wilayah Maleer, Kamis 27/10/2022 (Mg.Ule)


60MENIT.co.id, Kota Bandung  |  Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 5 bersama Gober, gotong royong membersihkan sampah dan rumput liar di sungai Cikapundung, Rw 7 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Kamis (27/10/2022).


"Tumpukan sampah ini bisa menjadi faktor penyebab meluapnya air sungai ke permukiman. Oleh karenanya, kami bersama Gober bergotong royong untuk membersihkan sampah sebagai antisipasi saat turun hujan". Kata Dansub 5 Serka Rudi Irawan.


Menurut Rudi, kegiatan pembersihan sampah tidak hanya ditujukan untuk memperlancar aliran sungai, tetapi juga ditujukan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah ke sungai.


"Aliran air di sungai ini bisa meningkat signifikan jika terjadi hujan yang cukup deras. Jika ada tumpukan sampah di bagian hilir, maka akan menyumbat aliran air sehingga sungai pun meluap ke permukiman". Katanya.


Pembersihan dinding sungai 


Kondisi tebing sungai, lanjut Rudi, juga rawan tergerus sehingga berpotensi longsor karena ada pembelokan aliran air. 


"Makanya, kondisi sungai harus dijaga agar selalu bersih dari sampah". Katanya.


Untuk itu, Rudi menghimbau kepada warga untuk menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah sembarangan, siap memelihara kelestarian sungai.


"Warga harus bisa mencintai sungai, merawat dan melestarikannya". Pungkasnya. 


(M.Warman)