Sesuai Aturan Baku, Satgas Sektor 22 Sub 11 Melakukan Perawatan di Sungai Cipeundeuy
-->

Advertisement Adsense

Sesuai Aturan Baku, Satgas Sektor 22 Sub 11 Melakukan Perawatan di Sungai Cipeundeuy

60 MENIT
Rabu, 16 November 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 bersama Gober membersihkan Sungai Cipeundeuy wilayah Rw 08 Pasirjati Kecamatan Ujungberung, Rabu 16/11/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Bersandar aturan dan perundang-undangan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 pada pembersihan di Sungai Cipeundeuy, Menurut Dansub 11 Serma Abdulloh Fauzi dirinya memimpin anggota termasuk Gober Kewilayahan untuk percepatan program dan menuntun masyarakat pada pola fikir peduli kebersihan sungai. 


Seperti Sungai Cipeundeuy yang beralamat di Rw. 08 Kelurahan Pasirjati ada dalam kondisi yang menghawatirkan. Nuansa yang kotor ditumbuhi rumput liar bahkan tidak terawat terkesan menakutkan adanya ular dan binatang berbahaya lainya. 


"Kita selalu melakukan survei dengan istilah patroli sungai, dalam survay ini kita menyelia semua kondisi sungai untuk dilakukan karya bakti dalam perawatannya," ujar Abdulloh, Pasirjati, Rabu 16 November 2022. 


Masih banyak pula Gulma Sungai yang merusak dinding berakibat longsor.


Patroli sungai, Serma Abdulloh Fauzi menerangkan yaitu sama halnya dengan operasi sungai, disini sekalian melakukan penindakan jika ada temuan yang membahayakan keutuhan dan pencemaran sungai. Biasanya dilakukan pada pabrik penghasil limbah dan masyarakat yang membuang sampah sembarangan. 


Hal ini bisa juga disebut dengan pengawasan sungai, "Karena pada giat ini akan mengetahui kondisi sungai ya g sebenarnya, jika kotor dan roboh atau longsor ya kita lakukan karya bakti besoknya, jika dicemari limbah ya kita bertindak saat itu juga," jelas Abdulloh. 


Langkah ini menurut Serma Abdulloh Fauzi sebagai percepatan progres pada Program Citarum Harum, dengan disusun oleh Dansektor 22 sebagai rencana aksi (Renaksi) bagi Satgas Sektor 22 Citarum Harum. 


Akibat kurang perawatan, Sungai Cipeundeuy ada sedimentasi.


"Kita bergerak di lapangan sesuai Renaksi yang sudah dibakukan oleh Dansektor, jadi aturan ini membuat kita searah dengan aturan tersebut, maka semua ini akan mengerucut pada suksesi Program Citarum Harum," jelas Abdulloh Fauzi. 


Renaksi pada Satgas Citarum Harum Sektor 22, salahsatunya melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat secara door to door setiap hari, ini dilakukan Satgas sebagai pembinaan prilaku kepada masyarakat, jelasnya lagi supaya prilaku ini searah dengan tujuan Citarum Harum yang berakhir pada menciptakan kebahagiaan masyarakat banyak. 


(zho)