Cegah Banjir, Dansektor 22 Citarum Harum Bersama Wali Kota Bandung Tambah Lagi Wetland Park
-->

Advertisement Adsense

Cegah Banjir, Dansektor 22 Citarum Harum Bersama Wali Kota Bandung Tambah Lagi Wetland Park

60 MENIT
Selasa, 27 Desember 2022

Bersama Wali Kota Bandung, Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih pada peresmian Wetland Park Ciraga di wilayah Kelurahan Cisurupan Kecamatan Cibiru Kota Bandung, Selasa 27/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Dansektor 22 Citarum Harum Kolonel Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih, bersama Wali Kota Bandung dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Bandung meresmikan Wetland Park Ciraga berada di wilayah Kelurahan Cisurupan Kecamatan Cibiru, Selasa 27 Desember 2022. 



Wetland Park Ciraga merupakan kedua dari Wetland Park Cisurupan. Meskipun keduanya berada di satu wilayah Kelurahan namun merupakan sumber embung air untuk menyelamatkan sumber air dan daya serap air hujan di dataran tinggi Kawasan Bandung Utara, sehingga bisa mencegah bahaya banjir wilayah Gedebage. 



Hal diatas diucapkan oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana pada sambutan peresmian Wetland Park Ciraga. 



Namun demikian bahwa terwujudnya Wetland Park di Cisurupan Cibiru ini tidak lepas dari hasil diskusi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 22, yakni sebagai langkah mitigasi penyelamatan keutuhan daerah aliran sungai yang berdampak kepada masyarakat. 


Mencoba menikmati keindahan Wetland Park Ciraga bersama Wali Kota Bandung dan SKPD.


"Tentunya sudah kita tahu bahwa fungsi dari Wetland Park ini sebagai embung air sebagai upaya peningkatan daya serap air hujan, artinya air hujan diparkir disini sehingga banjir di bawah sana akan berkurang," ujar Wellyanto Kasih kepada awak media. 



Ia menambahkan bahwa pada musim hujan, Wetland Park Cisurupan akan menjadi solusi jangka panjang sebagai penampungan air, sehingga tidak terjadi banjir di wilayah Gedebage dan sekitarnya. Sedangkan pada musim kemarau Wetland Park ini berfungsi menjadi tempat cadangan air fungsi dari embung air. 



Ucapan Dansektor 22 Citarum Harum ditambahkan oleh Wali Kota Bandung, yaitu selain fungsi Wetland Park sebagai Embung Air, juga akan menambah destinasi wisata bagi warga banyak, karena lokasi ini berada di kawasan dataran tinggi yang hijau perbukitan Bandung Utara. 

Perspektif Wetland Park Ciraga



"Kita akan terus berupaya untuk menanggulangi banjir yang terjadi di Kota Bandung, maka adanya Wetland Park Ciraga ini akan menambah embung air yang ada di Kota Bandung setelah beberapa Kolam Retensi yang banyak kita bangun, dan ini akan meluaskan destinasi wisata juga," ujar Yana. 



Pembuatan Wetland Park yang di Cisurupan ini, juga sebagai inovasi pemanfaatan lahan milik Pemerintah Kota Bandung. 



Menurut Yana Mulyana, selama kepemimpinan dia akan selalu berkolaborasi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam pengembangan penyelamatan lingkungan dan sungai, yaitu dengan menata kawasan sebagai konservasi penanggulangan banjir dan meningkatkan daya serap air hujan. 



(zho)