Di Sukaluyu, Gulma dan Sampah Sungai Lebaklarang Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 02
-->

Advertisement Adsense

Di Sukaluyu, Gulma dan Sampah Sungai Lebaklarang Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 02

60 MENIT
Jumat, 30 Desember 2022

Pembersihan Sungai Lebaklarang di Sukaluyu oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02, Jumat 30/12)2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Maslah klasik urusan sungai diberbagai daerah yaitu gulma sungai berbentuk rumput liar dan sampah domestik yang selalu mencemari air sungai. Hari ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 membersihkannya di Sungai Lebaklarang wilayah Rw. 09 Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibeunying Kaler, Jumat 30/12/2022. 


Dansub 02 Satgas Sektor 22 Serma Ahmad Yani memimpin pada giat tersebut, hingga berhasil membersihkan sepanjang 350 M dan sampah yang terangkat sebanyak 300kg.


"Sampah ini terdiri dari sampah domestik rumah tangga namun lebih banyak sampah basah yaitu hasil pembersihan rumput liar di tepian Sungai Lebaklarang tempat giat kita sekarang," singkat Yani. 


Pembekalan mental dan prilaku oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 kepada masyarakat tentang pelarangan membuang sampah dan perawatan sungai masif setiap hari dilakukan. Ini bertujuan supaya kondisi keutuhan dan kerapihan sungai tetap terjaga. 


Pembersihan sampah domestik rumah tangga dan perataan sedimentasi.


Namun hal itu masih ada pelanggaran dari pihak masyarakat itu sendiri, sebab menurut Serma Ahmad Yani masyarakat itu ada sipat lupa dan lelah.


"Ya sampah domestik rumah tangga ini ada masih bercecer di sungai, namun tidak banyak, mungkin mereka masyarakat itu lelah, sehingga sampah tidak terhiraukan," imbuh Yani. 


Keadaan ini dimaklumi oleh semua pihak, namun jika ada warga yang sengaja membuang sampah ke sungai akan ditindak tegas oleh satgas, bahkan akan diberlakukan sanksi Operasi Tangkap Tangan. 


"Sanksi ini kita sampaikan pula kepada mereka dalam agenda komunikasi sosial, ini akan menambah kesan serius dari warga itu sendiri, soalnya tindakan ini merupakan ketegasan kita dari seorang Satgas Citarum Harum dalam menjalankan tugasnya untuk mencapai sungai bersih dan sehat," ujar Yani. 


(zho)