Hentikan Masalah Banjir, Satgas Sektor 22 Sub 06 Gaet Kewilayahan Pada Normalisasi Anak Sungai Kalimalang
-->

Advertisement Adsense

Hentikan Masalah Banjir, Satgas Sektor 22 Sub 06 Gaet Kewilayahan Pada Normalisasi Anak Sungai Kalimalang

60 MENIT
Kamis, 01 Desember 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 bersama masyarakat dan unsur pemerintah kewialayahan berjibaku pada 


60MENIT.co.id, Bandung | Kolaborasi yang diinisiator oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, berhasil menggaet unsur Kewilayahan Bandung Kulon dan Babakan Ciparay pada penataan Anak Sungai Kalimalang wilayah Rw. 08 Kelurahan Gempolsari Bandung Kidul, Kamis 1 Desember 2022. 


Giat ini dipimpin oleh Dansub 06 Satgas sektor 22 Citarum Harum (Peltu Aris Santoso) dengan aksi penataan sungai, pengangkatan sedimentasi, pembersihan rumput liar dan sampah domestik. 


"Alhamdulillah kita kompak bisa bersatu dengan aparat kewilayahan setempat, aksi ini kita menata sungai yaitu mengangkat sedimentasi dan pembersihan rumput liar supaya aliran sungai bisa berjalan dengan normal," ujar Aris. 


Fakta di lapangan anak Sungai Kalimalang ini tertutup oleh sedimentasi yang ditumbuhi rumput liar. Sehingga aliran sungai terhambat dan bisa berdampak banjir di lingkungan setempat. 


Unsur kewilayahan menurunkan pasukan gober, aksi yang diinisiasi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 berjalan sesuai dengan target dengan sistem cara normalisasi manual untuk mengaktifkan kembali aliran Anak Sungai Kalimalang.


Animo masyarakat dan unsur kewilayahan tampak kuat di Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06.


Ditempat yang sama, Kasi Ekbang Kelurahan Gempolsari (Endang) mengatakan rasa terimakasih kepada Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 atas inisiatifnya normalisasi manual Anak Sungai Kalimalang, sehingga banjir yang terjadi bisa diatasi secara bertahap. 


"Alhamdulillah giat ini berjalan lancar, maka terimakasih kepada Komandan Sub 06 yaitu Bapak Aris Santoso yang sudah menggerakkan kita untuk mengurai saluran Anak Sungai Kalimalang, kita bangga karena banjir yang dimungkinkan tidak akan terjadi jika wilayah ini diperbaiki," ujar Endang. 


Hadir pada giat ini sebagai pendukungan yaitu Kasi Ekbang Kelurahan Gempolsari, Ketua Rw. 08 beserta para ketua Rt setempat dan jajaran Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, aksi ini berhasil mengerjakan normalisasi manual Anak Sungai Kalimalang sepanjang 50 Meter. 


Untuk meyakinkan prilaku baik terhadap sungai oleh masyarakat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 melakukan patroli sungai disetai komunikasi sosial door to door kepada masyarakat. 


(zho)