Hindari Bencana, Peltu Bayu Dansub 07 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cibeureum Sebagi Mitigasi
-->

Advertisement Adsense

Hindari Bencana, Peltu Bayu Dansub 07 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cibeureum Sebagi Mitigasi

60 MENIT
Jumat, 09 Desember 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 melakukan pembersihan rumput liar di Sungai Cibeureum kelurahan Sukawarna kecamatan Sukajadi, Jumat 9/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Volume air Sungai Cibeureum wilayah Sukawarna Kecamatan Sukajadi naik, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 spontan membersihkan sampah domestik dan rumput liar hingga sepanjang 110 pembersihan sampah terangkat hingga 330kg. 


Hal diatas merupakan statement Dansub 07 Satgas Sektor 22 (Peltu Bayu Dwi Cahyadi) kepada awak media di lokasi karya bakti, Jumat 9 Desember 2022. 


Fakta di lapangan benar adanya tumpukan sampah domestik yang hanyut terbawa arus sungai, "Pasca pembersihan sampah domestik kita arahkan anggota untuk membersihkan kirmir sungai dari rumput liar," sontak Bayu.


Patroli sungai, akibat musim hujan banyak sampah domestik terbawa arus ke sungai.


Ia menganggap bahwa kondisi sungai harus bersih dari sampah domestik maupun rumput liar, "Ya, karena rumput liar bisa menggerogoti kekuatan kirmir, jika dibiarkan kirmir tersebut bisa keropos dan mudah runtuh jika diterjang debit air sungai yang makin meninggi," imbuh Bayu. 


Saat pembersihan dari sampah domestik dan rumput liar, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 bisa mengangkat semua jenis sampah, menurut Peltu Bayu Dc pembersihan ini dia tidak mau adanya resiko kedepan. 


"Kita berupaya supaya kejadian hujan besar ini tidak berakibat banjir, sehingga tidak ada bencana yang merugikan bagi semua pihak," tegas Bayu. 


Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 melakukan komunikasi sosial.


Untuk menghindari kemungkinan yang terjadi ke esokan harinya, Peltu Bayu menugaskan anggota supaya berpencar melakukan patroli sungai dan merpati ke semua warga bantaran. 


"Ini antisipasi jika hal yang tidak kita inginkan terjadi, maka komunikasi sosial kepada masyarakat selain membentuk perilaku budaya bersih, juga kita ingatkan mereka untuk waspada dengan adanya hujan besar, jelas tujuan kita yaitu antisipasi jika ada hal yang tidak diinginkan," tutup Bayu. 


Peltu Bayu Dwi Cahyadi menegaskan pula, bahwa sebagai anggota satgas Citarum Harum di Sektor 22 harus sigap melayani masyarakat dalam urusan trouble sungai, dirinya tidak mau ada bencana yang terjadi kepada masyarakat.


(zho)