Pembersihan Sampah di Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 04 Sekaligus Bersihkan Rumput Liarnya
-->

Advertisement Adsense

Pembersihan Sampah di Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 04 Sekaligus Bersihkan Rumput Liarnya

60 MENIT
Kamis, 29 Desember 2022

Tampak Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 sedang membersihkan Sungai Cikapundung wilayah Rw. 05 Balonggede Kecamatan Regol, Kamis 29/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Masifnya perawatan sungai ol h Satgas Citarum Harum Sektor 22, saat ini Subsektor 04 melakukan pembersihan di Sungai Cikapundung wilayah Rw. 05 Kelurahan Balonggede Regol, Kamis 29/12/20022. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 setiap hari melakukan perawatan sungai secara bertahap dari tempat satu geser ke tempat lainnya.


Kendati demikian kenyataannya sampai saat ini masih ada sampah rumah tangga yang mengalir di aliran Sungai Cikapundung.


"Memang tidak mudah dan tidak cepat kita membentuk paradigma masyarakat supaya tinggi rasa peduli terhadap kebersihan sungai, bisa pula sampah-sampah ini akibat terbawa arus hujan," kata Peltu Ace S kepada wartawan.


Upaya pembentukan prilaku (mindset) masyarakat dengan cara komunikasi sosial secara door to door setiap hari dilakukan oleh Satgas Sektor 22. 


Terlihat situasi lapangan ketika Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 m mbersihkan Sungai Cikapundung.


Peltu Ace S mengatakan bahwa dibanding sebelum adanya program Citarum Harum prilaku masyarakat terhadap sungai itu sangat memprihatikan, sehingga sungai itu bisa dilewati binatang saking tebalnya tumpukan sampah menutupi aliran sungai. 


"Upaya tersebut sampai saat ini dilakukan oleh kita sebagai Satgas Citarum Harum di Sektor 22, bahkan pendisiplinan pun kita lakukan yaitu akan kena operasi tangkap tangan jika mereka ketahuan membuang sampahnya ke sungai," ujar Ace. 


Peltu Ace S menambahkan, di atas sikap wajar masih adanya sampah rumah tangga di aliran sungai sampai saat ini, karena tidak signifikan keberadaannya dan banyak pula hal penyebabnya. 


Upaya penciptaan sungai yang bersih dan sehat terus dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22, sikap ini terbukti bisa menggaet unsur pentahelix untuk bergerak bersama-sama dalam mewujudkan cita-cita Program Citarum Harum. 


(zho)