Apresiasi Kota Layak Sehat, Satgas Sektor 22 Melalui Sub 09 Galakan Seftick Tank Mandiri
-->

Advertisement Adsense

Apresiasi Kota Layak Sehat, Satgas Sektor 22 Melalui Sub 09 Galakan Seftick Tank Mandiri

60 MENIT
Selasa, 17 Januari 2023

DanSub 09/22 Peltu Ihwan Maryudin mengawasi pembuatan Seftick Tank di Rancasari Kota Bandung, Selasa 17/01 (2023 (Mg.Ule)

60MENIT.co.id, Bandung | Program Percepatan Open Dification Free (ODF) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, sangat diapresiasi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. Hal ini menyoal kepada permasalahan limbah domestik yang mengotori Daerah Alien Sungai (DAS) Citarum.


Satgas Sektor 22 terus bergerak pada penciptaan air sungai yang bersih dan sehat, sehingga turut membantu Pemkot Bandung menuju Kota layak sehat berupa percepatan ODF 100%.


Dansub 9 Peltu Ihwan Maryudin menjelaskan, bahwa ODF bukan hanya program Pemkot Bandung saja namun beririsan dengan implementasi Renaksi Sektor 22 yaitu penanganan limbah domestik.


"Kami setiap harinya di lapangan agar warga yang masih membuang tinja ke sungai supaya membuat septic tank". Tutur Ihwan saat membantu Warga yang membuat Septik tank Mandiri di wilayah Rancasari Bandung. Selasa (17/1/2023).


Situasi pembuatan Seftick Tank.


Menurutnya, Septic tank memang selalu dilupakan oleh pemilik rumah, namun dengan kondisi yang ada septic tank merupakan salahsatu cara untuk menuntaskan permasalahan limbah domestik atau tinja.


"Diharapkan warga yang masih membuang tinja agar membuat septic tank baik secara komunal maupun mandiri, Karena berpengaruh pada aspek kesehatan dan pencemaran kualitas air akibat Bactery Ecolli yang ada harus dihindari agar baku mutu air sesuai yang kita diharapkan". Tuturnya.


Ihwan berharap, Kegiatan warga dengan membuat septic tank menjadi salahsatu hasil untuk menciptakan sungai bersih dan sehat.


“Kepada warga yang belum membuat septic tank harus sadar dan ikut serta dalam penyelesaian permasalahan yang ada saat ini, yaitu bisa menciptakan kondisi air sungai yang bersih dan sehat". Pungkasnya. 


(M.Warman)