Memupuk Kebersamaan, Satgas Sektor 22 Sub 02 pada Perawatan Sungai Cidurian
-->

Advertisement Adsense

Memupuk Kebersamaan, Satgas Sektor 22 Sub 02 pada Perawatan Sungai Cidurian

60 MENIT
Jumat, 13 Januari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 membersihkan Sungai Cidurian wilayah Rw. 02 bersama Gober Kel. Neglasari Kec. Cibeunying Kaler, Jumat 13/01/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pembersihan Sungai Cidurian oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 02, hari ini di wilayah Rw. 02 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler, Jumat 13/01/2023. 


Dansub 02 Satgas Sektor 22, Serma Ahmad Yani memimpin giat ini ia melibatkan tim Gober kewilayahan, bertujuan mengaktifkan kewilayahan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungannya. 


"Kita selalu melibatkan tim Gober kewilayahan dalam aksi karya bakti perawatan sungai, dengan cara seperti ini saya harap bisa tertanam kepedulian bagi mereka terhadap lingkungannya," ujar Yani. 


Edukasi melalui aksi nyata turun ke lapangan merupakan hal otentik dari Satgas Citarum Harum Sektor 22, sehingga muncul sebuah aksi nyata lapangan dengan dalih kampanye dan edukasi moral. 


Pembersihan sedimentasi dan sampah domestik.


Seperti yang dikatakan Serma Ahmad Yani kepada media, aksi seperti ini perlu dikembangkan, selain menambah kekuatan aksi juga akan membekas rasa memiliki terhadap lingkungan. 


"Jika seseorang sudah muncul dalam jiwanya rasa memiliki terhadap sesuatu, maka akan muncul pula aksi perawatannya (korsa), dengan sikap seperti ini kita berharap tim Gober yang notabene warga asli di tempat karya bakti supaya kuat pula jiwa korsanya," ujar Yani. 


Pada karya bakti perawatan sungai ini, Satgas Sektor 22 Sub 02 berhasil mengerjakan 175 M panjang sungai. Pasca karya bakti satgas meneruskannya dengan patroli sungai dan komunikasi sosial. 


"Pada komsos ini kita mendatangi masyarakat pinggiran sungai, dianjurkan agar tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membuang sampah dialiran sungai, supaya sungai menjadi indah dan bersih," kata Yani.


(zho)