Apresiasi Pembuatan Sefticktank Mandiri, Satgas Sektor 22 Sub 07 Dukung Warga di 100% ODF
-->

Advertisement Adsense

Apresiasi Pembuatan Sefticktank Mandiri, Satgas Sektor 22 Sub 07 Dukung Warga di 100% ODF

60 MENIT
Kamis, 02 Februari 2023

Serma Abdulloh Fauzi DanSub 07 Satgas Sektor 22 mengawasi pembuatan Sefticktank mandiri warga Rt. 06/03 Kelurahan Mekarmulya Panyileukan, Kamis 2/02/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Gerakan 100% ODF sebagai jaminan mengurangi pencemaran domestik sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 07 mengapresiasi pembuatan Sefticktank oleh warga Rt.06 Rw.03 Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, Kamis 2/02/2023. 


Serma Abdulloh Fauzi selaku DanSub 07/22 mengatakan, warga yang bersangkutan setelah hari senin, selasa dan rabu anggota satgas dan gober kelurahan beserta ASN Kelurahan Mekarmulya melaksanakan verifikasi awal terkait rencana giat Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang berkaitan dengan penertiban pembuangan kotoran tinja yang melalui Sefticktank setiap rumah warga sebagai penunjang 100% ODF.

 

"Verifikasi ODF dari Provinsi Jawa Barat ternyata masih kami jumpai warga a/n Bpk Saragih yang belum memiliki sefticktank, setelahnya kami laksanakan sosialisasi dan edukasi. Alhamdulillah yang bersangkutan menerima kesalahannya dan bersedia membuat Sefticktank, hari inilah beliau mulai membuatnya," jelas Abdulloh.


Pembuatan sefticktank secara mandiri warga atas apresiasi Satgas Citarum Harum Sektor 22 dengan aksi penertiban pengecoran pembuangan tinja ke sungai sudah mulai menuruti Anjuran dan Edukasi dari Satgas. Secara bertahap masing-masing warga memulai membuat di rumahnya masing-masing. 


Menurut Serma Abdulloh Fauzi atensi dari semua warga yang sudah menerima edukasi mulai sadar betapa pentingnya kebersihan sungai tanpa limbah yang mereka kotori setiap hari. 


"Kita dorong dengan edukasi melalui komunikasi sosial bidang celakanya atas pencemaran sungai dari tinja, bisa-bisa berdampak negatif bagi kesehatan masyarakat terutama riskan bagi pertumbuhan anak," kata Abdulloh.


100% ODF selain pendukungan terhadap pemerintah daerah juga atensi bagi suksesi Program Citarum Harum yang tertuang pada Perpres 15 Tahun 2018. 


Landasan itulah yang menjadi kekuatan dan semangat juang bagi Satgas Citarum Harum yang notabene Prajurit TNI Kodam III-Siliwangi secara rutin setiap hari berjuang dari tempat satu ke tempat lainnya. 


(zho)