Giliran Mie Gacoan Gatsu Dicor, BatiOps Satgas Sektor 22 : Warning Stop Pencemaran Lingkungan
-->

Advertisement Adsense

Giliran Mie Gacoan Gatsu Dicor, BatiOps Satgas Sektor 22 : Warning Stop Pencemaran Lingkungan

60 MENIT
Kamis, 09 Februari 2023

Tampak BatiOps Satgas Sektor 22 Citarum Harum (Peltu Aris Santoso) sedang melakukan pengecoran saluran outlet limbah Mie Gacoan Gatot Subroto, Kamis 9/02/2023 (oleh zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Sektor 22 Citarum Harum di tahun penindakan ini terus beroperasi dalam pengawasan dan monitoring keberadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) di setiap pelaku industri. 


Hari ini Peltu Aris Santoso selaku BatiOps Satgas Sektor 22 Citarum Harum bersama unsur aparat kewilayahan melakukan penindakan pengecoran saluran Outlet Limbah Mie Gacoan yang berada di Jl. Gatot Subroto Kota Bandung. 


Menurutnya, Mie Gacoan Gatot Subroto ini telah dilakukan Sidak oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 pada bulan November Tahun 2022 tahun kemaren. 


Prosesi pengecoran penutupan Saluran Limbah Mie Gacoan Gatot Subroto.


"Pasca disidak pada bulan November 2022 pihak Mie Gacoan ini tidak ada tindakan, selaras dengan adanya pengaduan warga bahwa limbah ini dibuang langsung ke saluran drainase maka kita cor hari ini," jelas Aris, Kamis 9/02/2023.


Pada sidak pertama, Mie Gacoan Gatot Subroto ini telah dibimbing supaya tidak boleh membuang limbahnya ke sungai, saat itupun Peltu Aris Santoso menyarankan supaya dibuatkan Ipalnya. Karena saran tersebut tidak digubris maka pengecoran ini terjadi. 


Darinkiri ke Kanan, Lurah Lingkarselatan (Asep Ahmad Arifin, S.E.,), DanSub 04/22 (Peltu Ace), BatiOps 22 (Peltu Aris S), Anggota Sub 04 (Darmawan).


"Warning buat pelaku industri jangan coba-coba membuang limbahnya ke saluran, supaya tidak terjadi pencemaran lingkungan," tegas Aris  


Hal senada dikatakan pula oleh Lurah Lingkarselatan, Asep Ahmad Arifin, S.E., bahwa hal seperti ini berkaitan dengan program 100% ODF, yaitu setiap sungai dan lingkungan harus terbebas dari pencemaran. 


"Sebagai pendukungan terhadap program Kota Bandung bersamaan dengan Program Citarum Harum maka kita dari Kelurahan Lingkarselatan mengimbau kepada seluruh pelaku usaha mari kita bersama-sama menjaga lingkungan supaya tidak tercemar," ujar Asep Arifin. 


Komunikasi pendahuluan sebelum Pengecoran Mie Gacoan Gatot Subroto.


Upaya yang telah dilakukan oleh Lurah Lingkarselatan di wilayahnya, ia telah mengimbau beberapa pelaku usaha bidang perhotelan, resto dan para pedagang lainya agar limbah yang dibuang harus melalui penyaringan yang benar. 


"Supaya limbah yang dibuang itu benar-benar bersih tidak terkontaminasi oleh bakteri yang menyebabkan polusi  bisa-bisa menimbulkan Stunting," kata Asep Arifin. 


Sinergitas kuat dijaga dengan baik antara Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama Pemerintah Daerah terus berkelanjutan, aksi ini menuju suksesi yang serupa, yaitu Program Citarum Harum untuk menciptakan keutuhan sungai dengan airnya yang bersih dan sehat, sedangkan Program Bandung Sehat menuju 100% ODF dan Kota Layak Sehat.


(zho)