Kurangi Pencemaran Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 08 Masif Produksi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Kurangi Pencemaran Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 08 Masif Produksi Kompos

60 MENIT
Selasa, 07 Februari 2023

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08, membuat kompos dari kotoran sapi, Lembang, Selasa 7/02/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, KBB-Lembang | Dengan perkembangan industri yang ada pada saat ini, berdampak maju disamping dampak negative pada alam, contohnya pencemaran sungai akibat kotoran hewan (Kohe).


Seperti yang dilakukan Sektor 22 Citarum Harum Sub 8, sebagai upaya untuk mengatasi pencemaran sungai, Kotoran hewan di ubah menjadi pupuk kompos yang di siram Bios 44 Dc.


Dansub 8 Serma Dodi menyampaikan, proses pengolahan kohe menjadi pupuk kompos dengan di siram bios 44 DC dapat mengatasi permasalahan pencemaran sungai.


"Kita ubah Kotoran hewan yang tadinya mencemari lingkungan menjadi pupuk kompos yang bisa lebih bermanfaat lagi". Kata Serma Dodi kepada wartawan di wilayah kampung Pasirwangi, Desa Gudang Kahuripan, kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Selasa (7/2/2023).


Dijelaskannya, menggunakan bios 44 DC bertujuan agar mempermudah pembusukan sehingga bisa di olah menjadi pupuk kompos.


"Dengan di sirami bios 44 Dc, agar pupuk kompos dapat menyuburkan tanah dan tanaman lebih maksimal dan lebih baik". Jelasnya.


Menurutnya, Bios 44 Dc merupakan cairan mikroorganisme hasil fermentasi untuk meningkatkan tanah menjadi lebih subur.


“Bios 44 ini sangat berguna baik untuk pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan sehingga hasil panennya menigkat". Tutur dia.


Dari sisi kandungan bahan, lanjut Serma Dodi, Bios 44 juga aman karena mudah terurai sehingga tidak perlu khawatir akan membuat tanah atau tanaman menjadi rusak.


"Pihak TNI juga telah memastikan bahwa Bios 44 bukan kompetitor bagi produk lain karena merupakan kontribusi TNI bagi negeri". Pungkas Dia. 


(M.Warman)