Perbanyak Resapan Air, Satgas Sektor 22 Sub 07 dengan Biopori
-->

Advertisement Adsense

Perbanyak Resapan Air, Satgas Sektor 22 Sub 07 dengan Biopori

60 MENIT
Selasa, 21 Februari 2023

Tampak Sertu Dantasban Doloan Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 sedang membuat biopori di area Ketahanan pangan Sektor 22 Cimekar, Selasa 21/02/2023 (Mg.Ule)

60MENIT.co.id, Kab. Bandung | Satgas Sektor 22 Citarum Harum Sub 7 Melaksanakan Kegiatan Pembuatan 36 lubang biopori di lokasi Ketahanan Pangan, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Selasa (23/2/2023).


Dansub 7 Serma Abdulloh Fauzi menjelaskan, pembuatan biopori bertujuan sebagai resapan air hujan kedalam tanah untuk mengurangi dampak banjir dan cadangan air didalam tanah.


"Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah". Jelasnya.


Menurutnya, Sektor 22 Citarum Harum Sub 7 terus menggencarkan pembuatan lubang biopori untuk meningkatkan daya resap air pada tanah. 


Biopori di buat hingga beberapa titik.


"Biopori dimaksudkan untuk memulihkan kesuburan tanah, melindungi tata air, dan kelestarian daya dukung lingkungan". Tutur dia.


Jika kemarau panjang, Serma Abdulloh Fauzi menyampaikan, masyarakat kerap kekurangan air. Ketika hujan turun, air larinya ke sungai tidak meresap ke tanah dengan baik.


“Dengan biopori ini setidaknya air dapat meresap ke dalam tanah dengan baik. Selain itu juga bisa menjadi cadangan air kelak jika musim kemarau datang". Pungkasnya. 


(M.Warman)