Suksesi Citarum Harum, Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Harap Peran Masyarakat Sangat Diperlukan
-->

Advertisement Adsense

Suksesi Citarum Harum, Serma Dodi Dansub 08 Satgas Sektor 22 Harap Peran Masyarakat Sangat Diperlukan

60 MENIT
Jumat, 03 Februari 2023

Serma Dodi Candra DanSub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan komunikasi sosial kepada warga Kecamatan Lembang supaya turut peduli terhadap kebersihan lingkungan dan sungai, Jumat 3/02/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Lembang KBB | Anjuran berupa edukasi paradigma masyarakat supaya tidak mengotori sungai dan lingkungan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 08, Serma Dodi Candra melakukannya di pusaran kinerja Sub 08, Jumat 3/02/2023. 


Giat rutin ini dilakukan pasca pembuatan kompos dan pembersihan lingkungan sungai yang selama ini bersamaan dengan patroli sungai yang mengedepankan rasa humanis terhadap masyarakat. 


Hal di atas sesuai dengan yang dikatakan Serma Dodi Candra selaku Dansubsektor 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu pembuatan kompos lebih ke waktu pagi hari jelang siang, setelan melakukan patroli sungai yang sangat signifikan dengan pencemaran oleh kotoran hewan. 


"Mayoritas masyarakat Kecamatan Lembang di Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini lebih ke profesi Petani, setelahnya menjadi peternak sapi, selama ini kita door to door melakukan komunikasi dengan mereka para peternak supaya bisa mengurangi bebas buang kotorannya ke saluran," ujar Dodi. 


Dengan mendorong pemanfaatan kotoran hewan bagi para peternak, baik melalui pembuatan kompos maupun pemanfaatan lainnya, selaku Satgas Citarum Harum Serma Dodi Candra terus berupaya untuk menghilangkan objek pencemaran dari segala jenis limbah. 


Pembuatan kompos dipimpin Serma Dodi Candra DanSub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.


Komunikasi sosial lebih ke sosialisasi dan edukasi prilaku, Serma Dodi Candra selalu mendekati para tokoh masyarakat walaupun mendadak mengenalkan dirinya. 


"Soan ke para tokoh masyarakat pastinya sesuai dengan kepentingan kita, yaitu sesuai dengan atensi masyarakatnya maka tokoh tersebut pasti lebih berpengaruh terhadap lingkungan dan masyarakatnya," singkat Dodi. 


Atensi masyarakat terhadap kebersihan sungai dan lingkungan terbersit dari atensi para tokoh masyarakatnya. Menurut Serma Dodi Candra dengan kedekatannya terhadap tokoh masyarakat maka segala sesuatunya bisa terwakili visi dan misi Satgas Citarum Harum. 


"Kesuksesan Program Citarum Harum akan terealisasi cepat jika semua unsur kemasyarakatan terlibat dalam progres Citarum Harum, maka para tokoh masyarakat harus andil dan turut berperan dalam suksesi Program Citarum Harum tersebut," harap Dodi. 


(zho)