Pengawasan Ipal Pabrik Kharisma Printex, Peltu Aris BatiOps Sektor 22; Limbah Dihasilkan Sudah Normal
-->

Advertisement Adsense

Pengawasan Ipal Pabrik Kharisma Printex, Peltu Aris BatiOps Sektor 22; Limbah Dihasilkan Sudah Normal

60 MENIT
Kamis, 23 Maret 2023

Peltu Aris Santoso, Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang menunjukkan karakter limbah Pt. Kharisma Printex, wilayah Jl. Holis no. 461 Rt 01 Rw 10 Kel Margahayu Utara Kecamatan Babakan Ciparay, Kamis 23/03/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pengawasan pelaku industri dalam pengolahan limbah yang benar terus diawasi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui BatiOps Peltu Aris Santoso, setiap hari menghampiri setiap pelaku industri supaya Ipal yang ada bisa mengolah limbahnya sesuai bakumutu.


Peltu Aris Santoso BatiOps Sektor 22 merupakan DanSub 02 juga, dalam pengawasan pengelohan limbah industri di PT. Kharisma Printex beralamat di Jl. Holis No. 461 Kota Bandung, saat ini limbah akhir perusahaan ini bertahan di kondisi pH; 7, suhu normal, warna air limbah bening, tidak berbau, tidak berbusa dan memiliki kolam Indikator Ikan. 


"Posisi derajat keasaman tersebut menandakan bahwa kondisi limbah yang dihasilkan oleh Pt. Kharisma Printex tersebut sudah sesuai dengan bakumutu, dan layak dibuang ke saluran," jelas Aris. 


Kondisi air limbah akhir Pabrik PT. Kharisma Printex, kondisi pH; 7


PT. Kharisma Printex merupakan sebuah pabrik yang bergerak dibidang Printing Kain dan Celup, milik dari Koko Hartono berdiri sejak Tahun 1995 sudah layak memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah yang bagus supaya tidak mencemari sungai. 


Peltu Aris Santoso menyarankan, dalam kondisi apapun diharap pabrik celup dan printing kain PT. Kharisma Printex ini supaya tetap konsisten memertahankan Ipal yang kondusif.


Suasana pengolahan limbah padat Sludge di Pabrik PT Kharisma Printex.


"Hal ini supaya pihak perusahaan selalu menjaga mutu air limbah yang dikeluarkan, sehingga tidak mencemari lingkungan ketika dibuang keluar terutama ke aliran sungai," kata Aris. 


Peltu Aris Santoso menambahkan, kebersihan lingkungan pun mesti dijaga, terutama di sekitar Ipal PT. Kharisma Printex.


Meskipun demikian untuk mempertahankan kondisi Ipalnya, Pabrik PT. Kharisma Printex ini rutin setiap bulan melakukan uji lab limbah dari Tirtawening untuk dilaporkan ke DLH Kota Bandung. 


(zho)