Untuk Kelangsungan Usahanya, Mie Gacoan Surya Sumantri Harus Perbaiki Ipal oleh Satgas Sektor 22 Citarum Harum
-->

Advertisement Adsense

Untuk Kelangsungan Usahanya, Mie Gacoan Surya Sumantri Harus Perbaiki Ipal oleh Satgas Sektor 22 Citarum Harum

60 MENIT
Selasa, 07 Maret 2023

Tampak BatiOps Satgas Sektor 22 (Peltu Aris Santoso) berdekatan dengan Manager Store Mie Gacoan Surya Sumantri, Selasa 7/03/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Penertiban limbah domestik yang dihasilkan oleh industri resto semakin gencar dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22, seperti BatiOps Peltu Aris Santoso dan anggota saat ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Mie Gacoan Jl. Surya Sumantri No.94 Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Selasa 7/03/2023. 


Pemeriksaan Ipal melalui Sidak oleh BatiOps Sektor 22 menurut Peltu Aris Santoso yaitu sebuah tindakan satgas dalam membina para Pengusaha Resto dalam memiliki Ipal yang benar supaya limbah yang dihasilkan bisa sesuai dengan bakumutu. 


"Ini salahsatu cara pembinaan kita kepada semua pelaku industri resto dan hotel, supaya limbah yang dihasilkan bisa sesuai dengan bakumutu yang benar," kata Aris. 


Posis pH limbah Mie Gacoan Surya Sumantri adalah 5, air limbah keruh.


Pada sidak di Mie Gacoan Surya Sumantri ini Peltu Aris Santoso mengatakan bahwa perusahaan ini sudah memiliki 7 bak penampungan limbah, namun hasilnya masih belum maksimal. 


"Perusahaan Mie Gacoan Surya Sumantri ini sudah mempunyai 7 (Tujuh) bak penampungan air limbah, namun air limbah belum memenuhi standart baku mutu, yaitu pH; 5, warna air putih agak keruh, tidak berbau, tidak berbusa dan suhunya normal," kata Aris.


Pada sidak ini Peltu Aris Santoso memberi saran, di bak penampungan air limbah agar diberi injuk sebagai penyaringan lemak sisa hasil pencucian makanan dan ini sifatnya sementara. 


Situasi pemeriksaan limbah Mie Gacoan Surya Sumantri.


Untuk sisa cucian makanan, lemak dan minyak dibersihkan setiap hari, agar memperbaiki mutu air limbah agar tidak terjadi pencemaran lingkungan, agar membuat progres ipal dengan memakai jasa konsultan dan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama disekitar ipal. 


Hal di atas diterima baik oleh Haris Munandar selaku Manajer Store Mie Gacoan Surya Sumantri, semua itu demi kelancaran usaha Mie Gacoan dalam melanjutkan usahanya. 


"Kita mengapresiasi apa telah dianjurkan oleh team Satgas Citarum Harum Sektor 22, soalnya jik tidak demikian pencemaran lingkungan akan terus berlanjut, kami berterima kasih kepada Satgas Citarum Harum untuk saran dan anjurannya," kata Haris.


(zho)