Pengawasan Industri oleh Satgas Sektor 22, PT GAP Konsisten Jaga Stabilitas Bakumutu Limbah
-->

Advertisement Adsense

Pengawasan Industri oleh Satgas Sektor 22, PT GAP Konsisten Jaga Stabilitas Bakumutu Limbah

60 MENIT
Kamis, 06 April 2023

Dansub 02 (Peltu Aris Santoso) bersama anggota (Serma Andrian DJ.) sedang meneliti Limbah Akhir pabrik sarung PT, Gajah Angkasa Perkasa, Kamis 6/04/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pengawasan limbah pabrik oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 berjalan dengan masif, seperti hari ini satgas melakukan pemeriksaan di Pabrik Sarung PT. Gajah Angkasa Perkasa (GAP) yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No 823, Cijerah Kecamatan Bandung Kulon, Kamis 6/04/2023. 


Peltu Aris Santoso, dalam kapasitas selaku Dansubsektor 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22, mengungkapkan kesetabilan normalisasi kondisi limbah PT GAP dijaga dengan baik, bahkan dipertaruhkan oleh pabrik tersebut sebagi jatidiri untuk kepedulian alam dan lingkungan. 


"Alhamdulillah sudah kita periksa kondisi limbah Pabrik Sarung PT GAP ini seperti biasa ada dalam kondisi normal, pH ; 7, air bening, tidak bau dan suhu air pun normal," kata Aris. 


Posisi outlet kolam penampungan air limbah PT GAP.


Rutinitas ini dilakukan satgas Citarum Harum Sektor 22 sama dilakukan pula oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, yaitu untuk mengawasi dan diskusi supaya tidak terjadi human eror yang kadang terjadi. 


Hal di atas diucapkan pula oleh Engineering PT. GAP (Yohanes Indra) di sela diskusi yang dilakukan tim satgas pasca pemeriksaan pH dan Sludge di kantor GAP. 


"Kita lebih memerhatikan kualitas limbah dalam posisi sesuai bakumutu, soalnya banyak hal yang dipertimbangkan terutama tidak merusak lingkungan dan tidak merugikan masyarakat sekitar," kata Indra dalam diskusi tersebut. 


Diskusi kemajuan pengolahan limbah, Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama tim management PT GAP.


Fakta di lapangan memang sesuai dengan yang diucapkan oleh Yohanes Indra, bahkan bersihnya air limbah akhir yang dibuang bisa digunakan ulang untuk produksi (recycle) dengan kapasitas perhari sebanyak 500 M³.


"Kita menguatkan skill khusus untuk teknisi Ipal, soalnya perawatan Ipal ini sangat perlu dalam mencegah Human Eror dan kerusakan lainya, seperti bulan kemaren kita baru ganti mesin olah Sludge," kata Indra. 


Peltu Aris Santoso berharap, selaku Satgas Citarum Harum di Sektor 22 dirinya sangat memerhatikan keutuhan dan kebersihan sungai, sehingga PT GAP ini diharap bisa mendukung program Citarum Harum dengan cara menjaga stabilitas bakumutu limbahnya. 


(zho)