Manfaat SubSektor Ketahanan Pangan Satgas Citarum Harum Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Manfaat SubSektor Ketahanan Pangan Satgas Citarum Harum Sektor 22

60 MENIT
Minggu, 21 Mei 2023

Serka Tasban Doloan, anggota Subsektor 07 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang melakukan perawatan ternak di Mako Subsektor 07 (ketahanan pangan), Cimekar Cileunyi, Minggu 20/05/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 di SubSektor 07 (ketahanan pangan) yang dipimpin Serma Abdulloh Fauzi, mengisi giat akhir pekan melalui Perawatan Ternak yang dikembang biakan di Mako Sub 07 di Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, Minggu 20/05/2023. 


Di Mako Sub 07 Serma Abdulloh Fauzi mengatakan, pengembangan ketahanan pangan yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor ada dua bidang, yaitu pengembangan tanaman (hortikultura dan tanaman keras) dan peternakan.


"Pasca melakukan patroli sungai yang disertai komunikasi sosial kepada masyarakat, kita langsung berkumpul di posko untuk melakukan perawatan ternak, ini terus kita lakukan setiap hari juga baik soal makanannya termasuk kebersihan kandang," kata Serma Abdulloh Fauzi. 


Serka Tasban Doloan sedang memanen telor ayam di Mako Subsektor 07 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Cimekar.


Konsentrasi pada keberhasilan program Citarum Harum yang tertuang pada Perpres No 15 Tahun 2018 terfokus pada keutuhan dan kebersihan sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 memerhatikan masyarakat terbersit kepeduliannya lewat ketahanan pangan. 


Subsektor Ketahanan Pangan (sub 07) di Sektor 22 ini sebagai pelengkap program Citarum Harum, dimana lahan pengembangan pembibitan tanaman keras dan tanaman hortikultura sangat perlunya fasilitas, sehingga subsektor 07 ini sebagai kompilasi kebutuhan Program Citarum Harum di Sektor 22. 


Perawatan kebersihan kandang dan lingkungan Mako Subsektor 07.


"Kalo pembibitan tanaman keras sudah jelas buat penanaman di lahan kritis, sedangkan tanaman musiman sayuran dan peternakan ayam kita bisa membantu masyarakat yang kekurangan, maka sebutan sub ketahanan pangan ini memang sebagai persediaan kebutuhan masyarakat banyak," jelas Abdulloh.


Di Mako Subsektor 07 lebih ke pengembangan tanaman keras produktif selain dari tanaman keras hutani, hal ini untuk melengkapi penghijauan di lahan kritis milik masyarakat, "Karena banyak masyarakat yang menolak lahan pertanian miliknya ditanami tanaman keras hutani, tapi jika ditanam tanaman keras produktif mereka mau," kata Abdullah.


Hari ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 sedang memanen telur ayam di area peternakan, peternakan ini murni dirilis oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 untuk percontohan peternakan masyarakat. 


(zho)