Patuhi Satgas Citarum Harum Sektor 22, Mie Gacoan Gatsu Sempurnakan Ipalnya
-->

Advertisement Adsense

Patuhi Satgas Citarum Harum Sektor 22, Mie Gacoan Gatsu Sempurnakan Ipalnya

60 MENIT
Senin, 08 Mei 2023

Pemeriksaan limbah Mie Gacoan Gatsu, oleh BatiOps Sektor 22 (Peltu Aris Santoso), PasiOps (Letda Jukiman Naibaho) dan anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22, Senin 8/05/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang diberlakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22, BatiOps Sektor 22 Peltu Aris Santoso bersama anggota mendatangi Mie Gacoan di Jl. Gatot Subroto (Gatsu) Kota Bandung, Senin 8/05/2023. 


Kedatangan team pengawasan Satgas Citarum Harum Sektor 22 ini dilakukan pasca pengecoran saluran Outlet Limbah Mie Gacoan Gatsu 3 (tiga) bulan ke belakang, yang sempat viral di warga sekitar karena pencemaran saluran oleh limbah lemak yang bau dan kotor. 


"Pemeriksaan Ipal mie Gacoan di sini sebagai tahapan dari pengecoran bulan kemarin karena bermasalah, saat ini sudah memiliki Ipal yang benar dengan hasil limbah yang sesuai bakumutu, memiliki konsultan dibidangnya, dengan harapan semua pelaku industri bisa memiliki instalasi pengolahan air limbahnya supaya tidak mencemari sungai dan lingkungan," tegas Aris kepada awak media di lokasi pengawasan. 


Peltu Aris Santoso memerlihatkan hasil pengukuran keasaman limbah ; pH: 7, air limbah bening, tidak berbau dan suhu normal.


Kepatuhan dari Mie Gacoan Gatsu dibuktikan melalui binaan Satgas Citarum Harum Sektor 22, bahkan menyeluruh semua Mie Gacoan di Kota Bandung. Dengan hasil ini BOD dan COD limbah Mie Gacoan Gatsu pasti sesuai bakumutu karena instalasi limbahnya sudah benar.


Peltu Aris Santoso memberi arahan, supaya Mie Gacoan ini bisa merawat Ipal dengan baik, sehingga limbah yang dibuang langgeng sesuai bakumutu. Seperti hasil pemeriksaan kondisi limbah ini ada di posisi pH; 7, kondisi air bening, tidak berbau dan suhu limbah normal.


"Bukan itu saja, pengawasan kami meliputi kepada kebersihan di seluruh area usaha, termasuk lingkungan Ipal yang ada, jika tidak pencemaran sungai dan lingkungan masih bakal terjadi," sontak Aris. 


Konstruksi Ipal Mie Gacoan Gatsu dibuat yang baru 


Kesanggupan dari manager Mie Gacoan terlontar oleh manager Mie Gacoan Gatsu, yaitu Selly. Ia mengatakan pihaknya akan merawat kelestarian dari Ipal itu sendiri, dengan menyiapkan teknisi yang sudah dibina oleh pihak konsultan Ipal tersebut.


"Untuk perawatan Ipal kita sudah menyiapkan teknisi yang sudah dibina oleh pihak konsultan, harapan kita Mie Gacoan ini tidak lagi mencemari lingkungan dan sungai, soalnya kita sudah melaksanakan mandat dari Satgas Citarum Harum Sektor 22, dengan adanya Ipal yang sesuai bakumutu maka kita akan terus merawatnya," ujar Selly.


Bak penampungan limbahpun baru 


Pemeriksaan Ipal Mie Gacoan Gatsu ini dihadiri oleh Lurah Lingkar Selatan (Asep Arifin), Bhabinkamtibmas, Babinsa, PasiOps (Letda Jukiman Naibaho) dan anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


Lurah Lingkar Selatan berharap, standar pencemaran oleh Mie Gacoan Gatsu sudah bagus dalam hasil oleh limbah resto, namun harus ada perbaikan pula dari limbah kakus pula.


"Terimakasih kepada Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang sudah membina pelaku usaha di wilayah kami, tentunya sebagai perimbangan pencemaran mie gacoan ini semu limbah yang dibuang harus sesuai bakumutu, termasuk Open Dification Free (ODF) juga dari olah Ipal Sefticktank yang benar," kata Asep Arifin.


(zho)