Perawatan Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 01 Terapkan PHBS kepada Masyarakat
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 01 Terapkan PHBS kepada Masyarakat

60 MENIT
Selasa, 30 Mei 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 SubSektor 01 membersihkan Sungai Cikapundung wilayah 

60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan Sungai Cikapundung wilayah 04 di Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 membersihkan rumput liar yang menggangu kirmir sungai dan sampah domestik termasuk sedimentasi. 


Selaku Dansub 01 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Serka Rudi Irawan menjelaskan, giat ini dibantu oleh Gober Kewilayahan yang selama ini menguatkan sikap kolaborasi dalam perawatan dan penataan sungai juga lingkungan untuk mencapai estetika hidup bersih dan sehat. 


Menurutnya, langkah kolaborasi ini bisa menguatkan kesatuan antara masyarakat, aparat kewilayahan bersama TNI dalam mewujudkan suksesi Program Citarum Harum, Selasa 30/05/2023.


Meski perlahan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 bisa membersihkan rumput liar di Sungai Cikapundung.


"Terjalinnya kolaborasi dengan kewilayahan merupakan suatu langkah yang tepat, artinya TNI bersama masyarakat juga aparatnya bisa bersatu padu dalam mewujudkan cita-cita bersama yaitu menuju sungai yang bersih dan sehat," kata Rudi. 


Tujuan di atas ditopang dengan komunikasi sosial oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, sehingga karyabakti perawatan sungai bisa dijadikan sebagai implementasi dari Komunikasi Sosial kepada masyarakat dalam penerapan sikap dan pola hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. 


Pemerintah pusat lewat Kementrian Kesehatan menciptakan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menggerakkan dinas Kesehatan hingga Puskesmas di setiap wilayah. Hal ini pun dijadikan patokan dalam sosialisasi Satgas Citarum Harum melalui Komunikasi Sosial setiap hari door to door berbincang langsung dengan masyarakat tingkat bawah, supaya program Citarum Harum dan Bandung Kota Layak Sehat bisa segera terwujud. 


Pasca Pembersihan.


"Sudah menjadi kunci pad komunikasi sosial bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu kita melakukannya bersamaan dengan patroli sungai, soalnya pada kesempatan ini banyak masyarakat yang kita temui. Pas sekali kita sampaikan sosialisasi tentang pelarangan membuang sampah ke sungai," ujar Rudi. 


Komunikasi sosial sebuah upaya untuk mencegah sampah ada di area daerah aliran sungai, sekalipun itu merupakan edukasi masyarakat dalam menciptakan prilaku sehat dan bisa mewujudkan kawasan bebas sampah. 


"Jika lingkungan bersih maka sungai pun akan bersih pula, dan ini bisa terwujud jika masyarakat sudah sadar kepeduliannya terhadap kebutuhan lingkungan yang sehat, itu yang menjadi target atas adanya Satgas Citarum Harum 22," kata Rudi.


(zho)