PT Bolesca, Pabrik Sosis Lembang Diperiksa Air Limbahnya oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

PT Bolesca, Pabrik Sosis Lembang Diperiksa Air Limbahnya oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22

60 MENIT
Kamis, 04 Mei 2023

Tampak Peltu Aris Santoso (BatiOps Sektor 22) serius mengoreksi limbah yang keluar dari bank penampungan PT Bolesca, Kamis 4/05/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, KBB-Lembang | Upaya cegah pencemaran sungai dan lingkungan oleh bahaya limbah industri kimia dan resto, Satgas Citarum Harum Sektor 22 makin gencar melakukan pengawasan keberadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) setiap pelaku industri. Termasuk hari ini memeriksa Ipal di PT. Bolesca, Kamis 4/05/2023.


Giat dipimpin BatiOps Satgas Citarum Harum Sektor 22 Peltu Aris Santoso yang sudah biasa didampingi PasiOps Letda Jukiman Naibaho, BaOps Serma Bayu J dan anggota Subsektor 08. 


Peltu Aris Santoso mengatakan, PT Bolesca ini sebuah pabrik yang bergerak dibidang Produksi Sosis yang berada di Kp. Keramat Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.


Pipa pengeluaran limbah (out fool) 


"Perusahaan ini sudah berdiri sejak Tahun 1984 dengan jumlah karyawan sebanyak 56 orang, lahan milik pribadi tentunya sudah layak memiliki Ipal supaya limbah yang dibuang sesuai bakumutu," ujar Aris. 


Fakta di lapangan, PT Bolesca sudah mempunyai bak ipal penampungan air limbah yang sesuai baku mutu. Dengan kondisi pH: 6, warna air bening, tidak berbusa dan tidak bau, juga suhu air limbahnya dalam kondisi normal. 


Kendati demikian, Peltu Aris Santoso tetap memberikan saran, supaya kondisi yang sudah benar ini bisa terus dijaga. 


Derajat keasaman limbah berada di posisi normal.


"Kita anjurkan supaya PT Bolesca tetap menjaga mutu air limbah yang dihasilkan, agar ketika dibuang ke luar tidak mencemari lingkungan terutama di aliran sungai," ujar Aris. 


Hal di atas menurut Peltu Aris Santoso, sebagai upaya dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 akan terus bergerak di setiap wilayah, maka pengawasan langsung Ipal semua pelaku industri akan terus dilakukan.


"Agar selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama disekitar ipal," Singkat Aris.


(zho)