Sidaknya Diabaikan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Cor Saluran Limbah Cafe The Parlor
-->

Advertisement Adsense

Sidaknya Diabaikan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Cor Saluran Limbah Cafe The Parlor

60 MENIT
Rabu, 10 Mei 2023

Peltu Aris Santoso (BatiOps) Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang mengecor saluran limbah Cafe & Resto The Parlor, Rabu 10/05/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Cimenyan | Penegakkan Perpres 15 Tahun 2018, Satgas Citarum Harum Sektor 22 menertibkan dan pengecoran saluran instalasi pengolahan air limbah (Ipal) milik perusahaan Cafe & Resto The Parlor yang berada di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Rabu 10/05/2023. 


Dipimpin BatiOps Sektor 22 Peltu Aris Santoso tindakan pengecoran ini mengacu ke beberapa kali sidak di beberapa bulan ke belakang, karena tidak diindahkan oleh pemilik Resto The Parlor maka pengecoran dilakukan. 

"Kami tidak sembarang bertindak, soalnya The Parlor ini sudah 4 (empat) kali kita sidak, karena tidak ada tanggapan maka hari ini kita Cor Saluran Limbahnya," tegas Aris. 


Peltu Aris Santoso bersama anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan pengecekan Karakter Limbah Cafe The Parlor, ada pada posisi pH; 5.


Kondisi limbah The Parlor karena belum memiliki proses Ipal yang benar, maka hasil saringan limbahnya ada pada posisi keasaman pH: 5, warna air putih keruh dan berbau. 

"Sudah kita periksa karakter limbah Resto The Parlor ini tidak sesuai bakumutu, saya harap dengan pengecoran saluran limbah sekarang ini, kedepannya The Parlor bisa membuat Ipal yang benar, sehingga tidak mencemari lingkungan dan sungai," jelas Aris. 


Reaksi management The Parlor Resto & Cafe ketika dicor saluran limbahnya, Arief selaku HRD mengatakan pihaknya akan segera mengikuti anjuran dari Satgas Citarum Harum Sektor 22. 

"Sebelumnya kita mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kelalaian kami, Insha Allah kita akan segera membuat Ipal, mudah-mudahan kedepan The Parlor tidak mencemari lingkungan dan tidak meresahkan warga sekitar," ujar Arief. 


Kadus 2 Ciburial Dani Rahmadi (kiri), HRD The Parlor Arief (kanan)


Tindakan pengecoran The Parlor Cafe & Resto berawal dari pengaduan warga, limbah yang dibuang baunya tidak enak, maka pengecoran saluran limbah ini dihadirkan pula Kadus 2 Ciburial (Dani Rahmadi) dan Ketua RW. 05 Ciburial. 

"Terimakasih kepada bapak Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang sudah melaksanakan amanat dari kami warga RW 05 Ciburial, diharap semua usaha apapun yang ada di sini tidak mencemari lingkungan lagi," kata Dani. 


Penerangan dari BatiOps Satgas Citarum Harum Sektor 22 kepada Management Cafe & Resto The Parlor


PasiOps Sektor 22, Letda Jukiman Naibaho, pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya tidak akan pandang bulu, "Siapapun pengusahanya, jika membuang limbah yang tidak sesuai bakumutu, maka kita dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 akan menindaknya, yaitu dilakukan pengecoran, karena mencemari sungai dan lingkungan," sontak Naibaho. 


(zho)