Tunjang Suksesi Sungai Bersih dan Sehat, Serka Hengky Dansub 03 Satgas Sektor 22 Lakukan Komsos dan Patroli
-->

Advertisement Adsense

Tunjang Suksesi Sungai Bersih dan Sehat, Serka Hengky Dansub 03 Satgas Sektor 22 Lakukan Komsos dan Patroli

60 MENIT
Minggu, 07 Mei 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 SubSektor 03 sedang melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat, Minggu 7/05/2023 (zhovena). 


60MENIT.co.id, Bandung | Penjaminan suksesi program Citarum Harum, Satgas Sektor 22 Sub 03 dipimpin Serka Hengky P menerapkan perilaku hidup kepada masyarakat banyak melalui komunikasi sosial dengan materi pelarangan membuang sampah ke sungai memengaruhi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai dengan program pemerintah yang sedang berjalan. 


Serka Hengky P (Dansub 02) Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan komunikasi sosial ini secara door to door mendatangi kelompok masyarakat yang sedang berkumpul, pada posisi ini ia dan anggota baru menyampaikan visi dan misi sebagai Satgas Citarum Harum di Sektor 22. 


"Biasanya suka ada beberapa warga yang asyik kumpul  baik itu di warung ataupun di halaman rumah, kita minta waktu kepada mereka untuk menyampaikan tugas kita dan visi misi sebagai Satgas Citarum Harum," jelas Hengky ketika ditemui awak media, Minggu 7/05/2023. 


Patroli sungai, anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 menunjukkan sesuatu hal yang perlu dibersihkan


Ia menambahkan sebagai tugas utama dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 yaitu untuk menciptakan kembali kondisi sungai yang utuh, bersih dan sehat. Sehingga pada komsosnya ada pasan kepada masyarakat supaya bisa memulai Pola Hidup Bersih dan Sehat terutama bisa mengelola sampah di rumah dan lingkungan dengan benar.


Modal PHBS diharap semua masyarakat bisa menciptakan pula kawasan lingkungan bebas sampah, " Hal ini akan menunjang kepada suksesnya program Citarum Harum yang berkelanjutan," imbuh Hengky.


Sejalan dengan komsos, Serka Hengky mengatur anggotanya untuk melakukan Patroli Sungai, dengan tujuan sebagai survay dan mengetahui perkembangan kondisi sungai terbaru. Hasil survey ini menurut Serka Hengky yaitu sebagai dasar memutus kebijakan tindakan dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam mengambil sekala prioritas aksi perawatan sungai maupun tindakan lainya yang berhubungan pada penjaminan kebersihan sungai. 


Mengamati kondisi sungai yang sedang tenang.


"Patroli sungai di Sungai Cikakak layaknya survay perkembangan kondisi sungai terbaru, jika ditemukan sebuah skandal pencemaran kita menindaknya saat itu pula, minimal kita mengetahui titik mana saja yang perlu dilakukan perawatan sungai untuk giat besok pagi," kata Hengky.


Hari ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 SubSektor 03 melakukan patroli sungai di Sungai Cikakak wilayah Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cicendo. 


(zho).