Aksi Gabungan Beberesih Sungai se-Bandung Kulon Bentuk Apresiasi SKPD pada Satgas Citarum Harum Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Aksi Gabungan Beberesih Sungai se-Bandung Kulon Bentuk Apresiasi SKPD pada Satgas Citarum Harum Sektor 22

60 MENIT
Jumat, 16 Juni 2023

Tampak Peltu Aris Santoso (Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22) bersama Danramil dan aparat Kecamatan Bandung Kulon sedang diskusi dan evaluasi giat Karbak se- Bandung Kulon, Jumat 16/06/2023 (zhovena)
 

60MENIT.co.id, Bandung | Peltu Aris Santoso Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22 memimpin karyabakti (Karbak) gabungan se-Kecamatan Bandung Kulon, materi giat di pembersihan Anak Sungai Citopeng wilayah RW.08 Kelurahan Gempolsari Kota Bandung, Jumat 16/06/2023. 


Aksi ini bertujuan, menyamakan satu sikap antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Bandung Kulon dalam apresiasi dan meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan sungai dan lingkungan. 


Wilayah ini masuk ke wilayah kerja Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02, yang dikomando oleh Peltu Aris Santoso, sehingga ia dipercaya untuk memimpin pada giat Karbak Gabungan tersebut.


"Alhamdulillah, di wilayah se-Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung ini sudah ada gerakan kepedulian kebersihan sungai dan lingkungan, yang saat ini di titik beratkan pada pembersihan Anak Sungai Citopeng. Artinya pimpinan perangkat daerah wilayah ini sudah ada pembuktian apresiasi dan dukungan terhadap program Citarum Harum yang selama ini kita jalankan," kata Peltu Aris Santoso, kepada awak media. 


Kebersamaan dan kekompakan tampak terlihat di aksi gabungan bebersih Anak Sungai Citopeng.


Aksi yang menggabungkan beberapa unsur perangkat daerah di wilayah Kecamatan Bandung Kulon ini terdiri dari 18 instansi yang di inisiasi oleh Camat, melibatkan Jasa Marga, Koramil 1806, Polsek, DLH, LPM, Forum RW, Karang Taruna, TP-PKK, Kelurahan se-Bandung Kulon, para pengurus RW, Petugas Kebersihan, semua Gober dan yang lainnya. 


Sikap ini memunculkan kebersamaan antar perangkat daerah untuk meningkatkan kepedulian terhadap Program Citarum Harum yang dimulai dari tingkat kecamatan di Pemerintahan Kota Bandung. 


"Kita selaku Satgas Citarum Harum di Sektor 22 merasa bangga dengan adanya giat gabungan ini, ternyata aksi kebersamaan dari semua aparat daerah ditunjukkan hari ini dan benar-benar ada, semoga berawal dari sini kedepannya bisa lebih terwujud lagi dan keberlanjutannya dalam perawatan sungai yang bersih dan sehat," jelas Aris.


Hasil karyabakti di Anak Sungai Citopeng.


Satu persatu sudah bermunculan pada hasil edukasi yang selama ini diterapkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu melalui sosialisasi dan komunikasi sosial yang mengedepankan Program Citarum Harum dengan konsep peduli kebersihan sungai dan lingkungan. Yang dicontohkan melalui aksi pembersihan sungai oleh satgas di semua wilayah secara rutin setiap hari. 


Peltu Aris Santoso merasa terenyuh dengan adanya aksi ini, bahkan hasil pembersihan Anak Sungai Citopeng dari sampah, rumput liar dan pengangkatan sedimentasi mencapai sebanyak 1,5 M³.


"Kalo masalah hasil pembersihan kita tidak memperhitungkan, tapi makna aksi ini yang membuat kita terkesan, semoga masyarakat dan semua elemen yang lainnya bisa mencontoh pada giat hari ini," imbuh Aris. 


(zho)