Pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan, Peltu Ihwan Dansub 05 Satgas Sektor 22 Kondisikan Kelayakan
-->

Advertisement Adsense

Pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan, Peltu Ihwan Dansub 05 Satgas Sektor 22 Kondisikan Kelayakan

60 MENIT
Rabu, 28 Juni 2023

Pengawasan normalisasi Sungai Cipamokolan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05, Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung, Rabu 28/06/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pengawasan pengerukan Sungai Cipamokolan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05 di wilayah RW.9 Kelurahan Darwati Kecamatan Rancasari sepanjang 50 M kerukan, disposal yang terangkut sebanyak 206 M³, Rabu 28/06/2023. 


Pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan terus dilakukan, karena merupakan salahsatu tanggungjawab Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam penataan wilayah sungai untuk menciptakan kondisi sungai yang utuh, bersih dan sehat.


"Pertanggungjawaban kita tegak lurus ke atas, sebagai anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 tentunya kepada Dansektor 22 (Kol. Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih) dan seterusnya ke lebih tinggi lagi," ujar Peltu Ihwan Maryudin kepada awak media. 


Perataan disposal.


Hal di atas mendasar kepada Perpres 15 Tahun 2018, yaitu percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai Citarum hingga meluas ke wilayah sungai alin yang bermuara di Sungai Citarum. 


Ada beberapa sungai utama di area kerja Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang membutuhkan normalisasi sungai, namun hal ini terkendala oleh fasilitas area pemeliharaan di wilayah sungai tersebut. 


"Alhamdulillah di Sungai Cipamokolan wilayah Derwati fasilitas lahan untuk material dan unit alat berat memadai, maka penggunaan alat berat dalam normalisasi berjalan dengan baik," imbuh Ihwan. 


Kondisi Sungai Cipamokolan yang dilakukan normalisasi.


Keinginan Peltu Ihwan Maryudin, normalisasi sungai ini berlaku di semua wilayah sungai, Namaun sesuai keadaan maka hanya beberapa sungai utama yang bisa dilakukan normalisasi. 


Penggunaan alat berat sangat bisa menentukan progres, sehingga wilayah sungai Cipamokolan terus diberdayakan. 


"Mudah-mudahan di wilayah sungai lainya bisa dilakukan normalisasi, soalnya sangat menentukan untuk menunjang Program Citarum Harum," ujar Ihwan.


(zho)