Perawatan Sungai Cipenya, Dansub 02 Satgas Sektor 22 Harap Ada Kebersamaan
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Sungai Cipenya, Dansub 02 Satgas Sektor 22 Harap Ada Kebersamaan

60 MENIT
Kamis, 15 Juni 2023

Sungai Cipenya wilayah Rt 01 Rw 02 Kelurahan Cigondewah Kidul kecamatan Bandung Kulon, pasca dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02, Kamis 15/06/2023 (zhovena) 


60MENIT.co.id, Bandung | Sungai Cipenya di wilayah RT.01 RW.02 Kelurahan Cigondewah Kidul Kecamatan Bandung Kulon, dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 02 mulai dari sampah, rumput liar berikut sedimentasi yang mulai mengalami endapan sungai. 


Giat yang dipimpin Peltu Aris Santoso selaku Dansub 02 Satgas Citarum Harum Sektor 22, ia merekrut anggota Gober sebagai aktifasi dari aparat kewilayahan, yang selama ini sudah komitmen kolaborasi yang kuat dalam penataan ruang dan sungai untuk menciptakan bersih dan sehatnya sungai dan lingkungan. 


"Sudah tentu kita dari satuan Satgas Citarum Harum Sektor 22 selaku satgas untuk mengajak semua elemen dalam penataan ruang sungai dan lingkungan supaya bersih dan sehat, dengan memerkuat kerjasama bersama aparat kewilayahan kita harapkan supaya mereka memiliki empati khusus ke sungai dan lingkungan," ujar Peltu Aris Santoso, Kamis 15/06)2023.


Paparan Dansub 02 Sektor 22 Citarum Harum untuk menguatkan kepedulian kebersihan sungai dan lingkungan.


Pencapaian ruang, sungai juga lingkungan yang bersih dan sehat merupakan harapan semua pihak. Pada dasarnya hal ini bisa tercapai jika semua elemen masyarakat, pemerintah dan lembaga lain satu komando bergerak memiliki tujuan yang sama tanpa embel-embel lainya. 


"Kita perlu bergerak bersama-sama dalam mewujudkan sungai yang bersih dan sehat, saya harap semua pihak antara masyarakat, lembaga apalagi pemerintah supaya bisa bersatu menghimpun kekuatan yang diniatkan satu tujuan, maka tujuan bersih dan sehatnya sungai mudah tercapai," kata Aris. 


Kebersamaan dengan aparat kelurahan dalam karyabakti perawatan Sungai Cipenya.


Langkah ini secara bertahap dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu melalui komunikasi sosial secara masif setiap hari secara door to door menemui masyarakat menyampaikan sosialisasi program pencapaian menuju sungai yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak. 


"Sungai ini merupakan karunia yang perlu dijaga, supaya sungai bisa dijadikan sumber hidup dan penghidupan masyarakat banyak maka sungai jangan sampai dikotori limbah, jika itu terjadi maka sungai itu menjadi sumber bencana kita semua," tegas Aris.


Satu persatu semua kotoran sungai dibersihkan.


Perjuangan Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus bergerak setiap hari dan waktu, selain menggerakkan Gober di pembersihan sungai ia pun melakukan pengawasan baik terhadap limbah maupun kondisi sungai. Ini pun sama dilakukan setiap hari oleh Satgas. 


"Itu kita sebut sebagai aksi Patroli Sungai dan Pengawasan Limbah Industri, dengan tujuan supaya Kondusifitas di lapangan bisa terjaga dari pencemaran, kita pun melakukan penegasan jika ada pelaku pencemaran dan kita beri sanksi," tegas Aris. 


(zho)