Apresiasi Moral Warga, Dansub 04 Satgas Sektor 22 di Pembersihan Sungai Cidurian
-->

Advertisement Adsense

Apresiasi Moral Warga, Dansub 04 Satgas Sektor 22 di Pembersihan Sungai Cidurian

60 MENIT
Senin, 10 Juli 2023

Tampak Sungai Cidurian wilayah RW 14 Kelurahan Cigadung bersih dari kondisi awal sebelum pembersihan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04, Senin 10/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Apel pagi naluri dari TNI oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 sebelum melakukan karyabakti pembersihan di Sungai Cidurian wilayah RW 14 Kelurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, merupakan pemantapan sikap bagi anggota karyabakti, Senin 10 Juli 2023.


Pada apel pagi Dansub 04 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Peltu Ade Sukmana menyampaikan pesan moral yang berisikan dedikasi prilaku kebaikan bagi masyarakat terhadap lingkungan dan sungai. 


"Ini tentang program Citarum Harum yang kita jalani selama ini, yaitu untuk mendidik masyarakat supaya berprilaku peduli terhadap kebersihan sungai dan lingkungan, sebab sungai merupakan kekayaan bagi masyarakat yang mesti dijaga dan dipelihara supaya tidak tercemari oleh limbah apapun," ujar Peltu Ade Sukmana.


Suasana Apel Pagi sebelum Karyabakti pembersihan Sungai Cidurian wilayah RW 14 Kel. Cigadung.


Hakekatnya sungai sebagai sumber hidup bagi penghidupan semua masyarakat, maka sungai merupakan kekayaan yang harus dilestarikan. Hal ini sudah kodrat dari sang pencipta yang kini disalah gunakan fungsinya oleh segelintir masyarakat yang tidak memahami makna sungai.


Makna di atas dikupas dalam pemaparan apel pagi oleh Peltu Ade Sukmana kepada anggota karyabakti dengan tujuan pengertian tersebut harus menjadi aspirasi bangkitnya sikap peduli kebersihan sungai bagi masyarakat banyak. 


"Kita sangat berharap bahwa masyarakat harus meningkatkan sikap peduli kebersihan di lingkungan masing-masing, jika ini berhasil dilakukan maka akan tidak adanya limbah yang mengalir ke sungai," ujar Peltu Ade Sukmana. 


Kondisi Sungai Cidurian wilayah RW 14 Kelurahan Cigadung sebelum dibersihkan.


Semua berawal dari sikap pribadi masing-masing warga, dengan pengertian seperti itu maka akan meluas kepermukaan masyarakat lainya dalam melakukan hal yang sama sehingga terwujudlah sebuah peradaban pecinta kebersihan. 


"Sebenarnya itu semua merupakan kebutuhan mereka, namun saat ini masih terbatas oleh pengetahuan sebagian warga dan masih adanya sikap mementingkan diri sendiri yang terbentur oleh kebutuhan sesaat, ini yang perlu kita sikapi bersama terutama oleh pemerintah kewilayahan yang lebih paham terhadap warganya," jelas Peltu Ade Sukmana kepada awak media. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu mengapresiasi semua elemen masyarakat dalam mewujudkan sungai yang bersih dan sehat, karena keterlibatan pentahelix sangat dibutuhkan untuk mewujudkan semua harapan tersebut. 


(zho)