Patroli Sungai di Pasirwangi Lembang, Serma Dodi Dansub 08 Sektor 22 Arahkan Warga Kotoran Ternak Jadikan Pupuk
-->

Advertisement Adsense

Patroli Sungai di Pasirwangi Lembang, Serma Dodi Dansub 08 Sektor 22 Arahkan Warga Kotoran Ternak Jadikan Pupuk

60 MENIT
Minggu, 02 Juli 2023

Serma Dodi Candra, Dansub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang patroli di Sungai PPI beralamat di Kp. Pasirhandap RT. 02 RW. 10 Ds. Pagerwangi kec. Lembang KBB, Minggu 2/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, KBB-Lembang | Menuju kondusifitas sungai yang bersih dan sehat termasuk keutuhannya, Satgas Citarum Harum Sektor 22 di SubSektor 08 dipimpin Serma Dodi Candra melakukan patroli di Sungai PPI beralamat di Kp. Pasirhandap DS. Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu 2/07/2023. 


Patroli sungai merupakan salahsatu giat wajid bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu berfungsi untuk mengoreksi perilaku masyarakat terhadap sungai dan perkembangan kondisi sungai terbaru. 


Wilayah Pagerwangi Lembang merupakan kawasan hijau hutani yang dihiasi lahan pertanian warga, seharusnya karakter air sungai bening tanpa kontaminasi limbah. Maka Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 dengan teliti melakukan patroli sungai, jika ada pelanggaran dilakukan masyarakat terhadap sungai maka satgas tidak akan segan memberlakukan tindakan. 


"Patroli sungai saat ini kita lakukan di Sungai PPI wilayah Desa Pasirwangi, tujuannya adalah survay kondisi sungai saat ini dan mengawasi perilaku masyarakat, jika ad warga yang membuang sampah ataupun limbah lainya maka kita akan kenakan Operasi Tangkap Tangan (OTT)," jelas Serma Dodi Candra. 


Koptu Charly, anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08.


Hal yang sama yang dilakukan Koptu Charly selaku anggota Serma Dodi Candra, ia pun Patroli sungai dari arah yang berbeda di Sungai PPI juga, karena wilayah Kelurahan di KBB Lembang areanya sangat luas, hal ini untuk mengejar target pengawasan sungai pada aksi Patroli Sungai. 


"Soalnya pada patroli sungai kita lakukan pula komunikasi sosial (komsos) ke warga yang berkepentingan terhadap sungai, materi yang kita sampaikan adalah tentang program Citarum Harum terutama jangan sampai membuang sampah ke sungai, kita anjurkan sampah rumah tangga dikelola dengan benar yaitu bisa ditampung di satu tempat jika sudah penuh baru diambil oleh pihak kebersihan desa," jelas Dodi. 


Cara aksi yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam melakukan sosialisasi terhadap masyarakat sudah tepat, sebagai konsekuensi pada masyarakat yang bertolak belakang dengan yang disampaikan satgas (komsos) kedepannya akan dikenakan sanksi, supaya prilaku dalam menciptakan kawasan bebas sampah di lingkungannya bisa menjadi budaya. 


Komunikasi sosial bersama tokoh masyarakat Kp. Pasirwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.


"Kita ingin membangun paradigma mereka dalam meningkatkan kebersihan lingkungan sehingga ini menjadi budaya masyarakat dan akan menjunjung tinggi peradaban lingkungannya sendiri, sudah tentu lingkungan yang bersih dan sehat sebagai tatakrama budaya yang bisa menguatkan bangsa," imbuh Dodi. 


Pada kesempatan ini Serma Dodi Candra yang disertai oleh Koptu Charly menemui tokoh warga Kp. Pasirhandap yaitu, Barnas, Cecep dan Dede. Serma Dodi Candra mengimbau agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai. Untuk para peternak sapi, agar kotoran yang dihasilkan jangan sampai dibuang ke sungai.


"Kotoran ternak bisa digunakan ke hal yang lebih bermanfaat, karena di desa ini banyak warga yang bercocok tanam dan berkebun maka bisa digunakan untuk perkebunan," jelas Dodi. 


(zho)