Pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan Dansub 05 Satgas Sektor 22; Setiap Hari Ada Kemajuan
-->

Advertisement Adsense

Pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan Dansub 05 Satgas Sektor 22; Setiap Hari Ada Kemajuan

60 MENIT
Jumat, 21 Juli 2023

Alber excavator long arm sedang mengeruk sedimentasi Sungai Cipamokolan, Jumat 21/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pengawasan pengerukan Sungai Cipamokolan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05 di wilayah RW.01 Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari, berhasil pengerukan sepanjang 40 M disposal yang terangkut sebanyak 186 M³. Jumat 21/07/2023.


Hal di atas dilaporkan oleh Peltu Ihwan Maryudin selaku Dansub 05 Satgas Citarum Harum Sektor 22 ketika berada di Posko Sub 05/22. Menurutnya pengawasan ini salahsatu kewajiban yang ditugaskan oleh Dansektor 22 untuk penataan sungai yang lebih baik lagi. 


"Tentunya setiap hari ada perkembangan yang signifikan dalam pengawasan normalisasi Sungai Cipamokolan, semua berjalan dengan baik sesuai yang kita harapkan," singkat Peltu Ihwan Maryudin. 


Perataan disposal Sungai Cipamokolan sekaligus memperkuat tanggul sungai.


Normalisasi Sungai Cipamokolan dikerjakan oleh 4 (empat) unit alat berat, yaitu excavator long arm Hitachi Zakis, excavator std Kobelco 200, excavator mini Sany SY 75 C dan excavator mini Komatsu PC 78 US. 


Ia menambahkan, "Ke 4 excavator tersebut mengerjakan penataan area, perapihan disposal yang di bikin tanggul, pengerukan sungai sepanjang 40 M dan pengangkutan sedimen sungai sebanyak 186 M³," imbuh Peltu Ihwan Maryudin.


Seperti hari-hari biasa, satgas Citarum Harum Sektor 22 rutin melakukan patroli sungai dan komunikasi sosial, hal ini bertujuan mengontrol perkembangan warga dalam memperlakukan sungai, dalam arti sudah ada kepeduliankah atau masih suka mengotorinya. 


Pengangkatan disposal oleh truk.


"Kita melaksanakan patroli di Sungai Cipamokolan yang mengalir di wilayah RW. 01 Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari, Alhamdulillaah semua tidak prilaku warga yang janggal," ujar Peltu Ihwan Maryudin.


Dalam patroli sungai, Peltu Ihwan Maryudin membagi tugas kepada anggotanya, supaya berpencar sambil melakukan komunikasi sosial secara door to door terhadap masyarakat. 


"Seperti biasa, kita komunikasi dengan masyarakat tentang sekitar kebersihan sungai dan keutuhannya, dalam penyampaiannya berisi kewajiban semua warga jangan sampai membuang sampah dan kotoran lain ke sungai, sesuai dengan tujuan dari program Citarum Harum," tutup Peltu Ihwan Maryudin. 


(zho)